Jakarta, MobilKomersial.com - Dengan adanya Tol Trans Jawa, sebagian kalangan pengusaha beranggapan bahwa bus Hino kurang bisa bersaing dengan bus-bus keluaran Eropa semisal Scania dan Volvo.

Alasannya, bus pabrikan asal Jepang itu dianggap hanya memiliki kapasitas tenaga yang relatif kecil yakni hanya 7.000-an cc dibanding bus Scania dan Volvo yang memiliki kubikasi mesin hingga 12.000 cc. 

Menanggapi hal itu, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan serangkaian pengujian langsung terhadap performa bus Hino dengan mengajak salah satu perusahaan otobus (PO).

"Kita uji coba tes jalan di tol Trans Jawa, pakai bus Sinar Jaya. Hasilnya, diketahui rata-rata temperatur (oli mesinnya) 106 derajat Celcius. Paling tinggi 119,5 derajat Celcius dan 143 derajat Celcius. Tes ini dilakukan saat siang hari," ungkap Santiko saat ditemui di acara Hino Media Gathering, di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Baca juga : Lewat Uji Intens Bersama Institusi Pemerintah, Hino Siap Terapkan B30

Menurut Santiko, standar overheat oli mesin pada sebuah bus disebut mengalami panas berlebih ketika temperatur mencapai suhu 230 derajat Celcius.

"Dan hasil tes itu menunjukkan masih di bawah standar. Jadi nggak bakal terjadi overheat dan tidka ditemukan kendala berarti," imbuhnya.

Lalu, Santiko menyebut soal suhu mesin. Standar suhu mesin overheat itu sampai 97 derajat Celcius."Mesin Hino paling tinggi 87 derajat Celcius. Jadi masih di bawah standar," ungkapnya lagi.

Perlu Diketahui, tipe bus yang dites performanya adalah bus Hino RN285, bermesin belakang berkapasitas hingga 59 penumpang bermesin diesel commonrail berkapasitas 7.684 cc empat silinder segaris dengan Turbo Charged Intercooler.

Sebagai catatan juga, PO Sinar Jaya, merupakan satu dari beberapa perusahaan otobus yang mendapat lisensi dari Kementerian Perhubungan yang membuka trayek bus Jakarta-Surabaya full via Tol Trans Jawa.

Share :

PO Kramat Djati Buka Lowongan Kerja Sopir Bus, Berikut Syaratnya!

Perusahaan Otobus Kramat Djati membutuhkan pengemudi bus

Read More
Naik Bigbird Medan - Banda Aceh Bisa “Menang Banyak”

Bigbird juga memberikan berbagai penawaran menarik untuk pelanggannya

Read More
PO Sedya Mulya Kini Punya Pemberangkatan Pagi Hari

Perusahaan Otobus Sedya Mulya asal Wonogiri, Jawa Tengah kini memiliki jam keberangkatan pagi hari.

Read More