Jakarta, MobilKomersial.com - Pada tahun 1967, ketika industri otomotif Jepang sangat didominasi oleh pria, Nissan membuat keputusan yang berbeda dengan merekrut Kyoko Shimada – wanita pertama yang menjadi desainer mobil dalam sejarah Jepang. 

Untuk memberikan konteks situasi saat itu, Kyoko bergabung dengan Nissan 19 tahun sebelum Undang-Undang Kesetaraan Kesempatan Kerja untuk Pria dan Wanita mulai berlaku di Jepang.

Selain itu, pada masa itu, partisipasi aktif perempuan dalam dunia kerja dan masyarakat bukanlah sesuatu yang lazim.

"Tidak ada satu pun desainer wanita di industri otomotif Jepang pada waktu itu, tetapi Nissan lebih dulu menyadari perlunya memahami sudut pandang wanita dalam mendesain mobil dibanding perusahaan mobil lainnya, karena Nissan tahu bahwa nantinya setiap rumah tangga akan memiliki mobil," kenang Shimada.

Baca juga : Sejarah Nissan, Ikut Balapan Terliar di Dunia 'Australian Rally' Tahun 1958

Setelah kuliah arsitektur di Japan Women’s University, ia bergabung dengan Nissan untuk menjadi bagian tim yang terdiri dari sekitar 50 desainer – yang semuanya pria dan berspesialisasi di bidang otomotif.

Ia seorang wanita muda, tanpa latar belakang otomotif, tetapi hal tersebut menjadi kekuatannya.

Karakter ini membawanya menuju kesuksesan selama 38 tahun di Nissan, di mana ia kemudian mendapatkan wawasan dari tempat-tempat unik, serta memberinya sudut pandang yang imajinatif dan segar.

Contohnya, Shimada memandang mobil sebagai ‘ruang hidup’ di mana pengguna dapat mengekspresikan identitas dan gaya hidup mereka di dalamnya; ini suatu pandangan yang unik di masa itu.

Ia percaya bahwa mobil tidak hanya memberikan ‘ruang’ untuk pengemudi tetapi juga untuk penumpang di kursi depan dan belakang.

Demikian pula dengan elemen desain lainnya, seperti kontras dan harmonisasi dengan dunia luar.

Share :

Profil Pemilik My Nitro, Muchlis: Bisa Isi Angin Ban Nitrogen dengan Cashless dan Self Service

Sejak awal berdiri pada 2012 lalu, sang pemilik Muchlis mengatakan bahwa, peluang untuk mengembangkan bisnis ini masih cukup besar.

Read More
Kisah Inspiratif Pria Lulusan SMK  Juara Isuzu World Technical Skill Competition di Jepang

Joko menyampaikan bahwa ia mencoba seleksi hingga 4 tahun berturut turut sebelum akhirnya membawa pulang piala dari negri sakura.

Read More
Gilang Widya Pramana, Bos PO Juragan 99 Trans yang Dijuluki Crazy Rich dari Malang

Sukses yang diraih bos PO Juragan 99 Trans ini membuat artis sekaliber Raffi Ahmad terkejut saat melihat rumah Gilang dan koleksi mobil mewahnya.

Read More