Jakarta, MobilKomersial.com - Berbagai upaya dilakukan hampir seluruh Negara di dunia, untuk menekan angka polusi, salah satunya adalah dengan membuat kendaraan ramah lingkungan. 

Bicara kendaraan ramah lingkungan ternyata bukan hanya kendaraan listrik, kendaraan berteknologi sel bahan bakar dengan hidrogen sebagai sumber tenaganya juga bagian dari upaya ramah lingkungan.

Hyundai sendiri kini bahkan menggunakan teknologi sel bahan bakar tersebut untuk truk besar miliknya. Yakni Truk Bahan Bakar Sel Hyundai Xcient, dengan menggunakan bahan bakar hidrogen. Truk ini sendiri akan melakukan debut resminya pada 14 Oktober di Korea.

Xcient memiliki tujuh tangki yang menyimpan hidrogen. Dengan hidrogen bermuatan penuh, Hyundai mengklaim Xcient FCEV dapat menempuh 400 km (dengan trailer penuh di belakangnya) dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 85 km/jam.

Hyundai belum menyatakan berapa banyak muatan yang dapat diangkut. Tapi, truk bertenaga hidrogen ini dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 469 dk dan torsi 2.237 Nm. Tentu sangat mudah untuk menarik muatan berat di trailernya.

Baca juga : Shaman, Truk Monster Berpenggerak 8x8 Asal Rusia Kini Berbalut Ambulans

Truk ini didesain sebagai truk heavy duty dengan nol emisi. Truk hidrogen bisa melaju sangat jauh tanpa meminum setetes solar pun. Tak seperti truk listrik yang butuh waktu berjam-jam untuk dicas, pengisian ulang hidrogen truk ini singkat, seperti mengisi solar.

Jika tangki hidrogen hampir kosong, Hyundai mengatakan bahwa pengisian hidrogen Xcient FCEV dapat dilakukan hanya dalam 8 hingga 20 menit. Itu berarti sopir truk tak butuh waktu henti yang lama untuk mengisi ulang dayanya.

Karena elektrifikasi terus diperkenalkan pada kendaraan dan truk komersial, rencana Hyundai untuk menggunakan hidrogen mungkin menjadi kebutuhan segmen komersial untuk menggantikan bahan bakar diesel. 

Tidak hanya lebih baik bagi lingkungan, tetapi juga dapat menghasilkan banyak torsi pada motor listriknya untuk menarik muatan berat sekalipun.

 

(Denny)

Share :

Perhitungan Konsumsi BBM Truk dari Jakarta ke Surabaya

Total bahan bakar tersebut dihitung jika average konsumsi bahan bakar 1 liter mampu mencapai jarak 12,8 kilometer.

Read More
Perjalanan 50 Tahun KTB Fuso di Indonesia, Mulai dari Truk Kepala Kuning hingga eCanter

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia, sukses mencatat namanya di sejarah Indonesia, sebagai penjual truk terbanyak hingga usianya memasuki 50 tahun kini

Read More
Volvo Trucks Akan Luncurkan Rangkaian Truk Listrik di Eropa pada 2021

Rangkaian truk tersebut rencananya akan digunakan untuk transportasi regional dan operasi konstruksi perkotaan di Eropa.

Read More