Jakarta, MobilKomersial.com - Mercedes-Benz melanjutkan uji coba truk listriknya eActros, dengan dioperasikan untuk pertama kalinya oleh perusahaan logistik Belgia, Van Mieghem Logistics, yang juga merupakan perusahaan afiliasi Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz eActros diuji dengan menempuh perjalanan distribusi harian hingga 200 km di sekitar kantor pusat perusahaan logistik tersebut, yang berada di Saintes, Belgia, tulis Mercedes-Benz, dilansir dari laman resminya.

Peter Brock, CEO di Mercedes-Benz Trucks Belgia dan Luksemburg mengatakan, eActros telah menjalani pengujian pelanggan yang intensif di Jerman, Swiss, dan Belanda sejak 2018. 

“Kami bangga sekarang memiliki eActros listrik pertama di Belgia yang diuji dengan Van Mieghem Logistics, sebuah perusahaan logistik terkemuka di negara ini,” ujar Peter.

Baca juga : Ada Pandemi, Penjualan Truk dan Bus Mercedes-Benz Turun 26% di Kuartal III 2020

Anggota manajemen di Van Mieghem Logistics Laurent Van Mieghem juga berpendapat bahwa minat perusahaannya pada truk bertenaga CNG atau LNG selalu sangat moderat, karena mereka masih menggunakan bahan bakar fosil. 

“Namun truk serba listrik selalu ada di benak kami dan sebagai perusahaan logistik dengan 90 persen armada Mercedes-Benz, kami sangat bersemangat untuk berpartisipasi dalam tes Mercedes-Benz eActros,” tutur Laurent.

eActros awalnya akan digunakan untuk mengirimkan barang-barang farmasi ke rumah sakit dan panti jompo. Tugas tambahan direncanakan segera menyusul. Truk seberat 25 ton dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer ini dilengkapi dengan bak penukar berpendingin Schmitz Cargobull, yang juga dioperasikan secara elektrik dan karenanya bebas emisi. Baterai truk diisi semalaman di gudang perusahaan.

Simak juga : Shaman, Truk Monster Berpenggerak 8x8 Asal Rusia Kini Berbalut Ambulans

Sejak 2020, eActros telah berada dalam tahap kedua pengujian praktisnya sebagai bagian dari apa yang disebut "armada inovasi". Salah satu dari banyak temuan yang diperoleh selama uji praktis adalah bahwa jangkauan eActros sekitar 200 kilometer telah terbukti sangat mumpuni—terlepas dari muatan, rute, atau topografinya.

Mercedes-Benz mengklaim, eActros sama sekali tidak kalah dengan truk diesel konvensional dalam hal ketersediaan dan performa dalam lalu lintas perkotaan, di jalan raya, atau rute darat. 

Sistem pendingin untuk kargo, dan juga AC yang keduanya dioperasikan secara elektrik, mampu berfungsi dengan durasi yang lama, baik dalam kondisi panas maupun musim dingin yang ekstrem.

 

(Denny)

Share :

Penjualan Truk Anjlok 54,39% Selama 2020

Melansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), truk ringan atau light duty truck (LDT) menjadi kontributor tertinggi

Read More
Pertimbangan Servis di Bengkel Sendiri atau Bengkel Resmi Truk Eropa

Teknisi juga berperan dalam memperbaiki kerusakan kendaraan. Secara umum, hadirnya teknisi dapat meminimalisasi downtime kendaraan.

Read More
Diproduksi April 2021, Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2 Sudah Bisa Dipesan

Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2, mulai sekarang sudah bisa dipesan di 24 negara di dunia terpilih.

Read More