Jakarta, MobilKomersial.com - Sekarang bagi masyarakat yang ingin menuju Surabaya dari Jakarta sudah bisa melewati Tol Trans Jawa dengan jarak tempuh kurang lebih 760 kilometer.

Untuk menempuh jarak tersebut, mobil-mobil penumpang biasa yang memiliki kapasitas mesin 1.000 - 1.500 cc dapat mengkonsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 10-15 km per liter.

Lalu, bagaimana dengan konsumsi BBM kendaraan jenis truk pengangkut barang, seperti Mitsubishi Fuso Colt Diesel (Canter) yang memiliki mesin 110 PS dengan beban muatan atau Gross Vehicle Weight (GVW) 5,2 - 8,25 ton?

Pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Mitsubishi Canter Eco Hybrid mencapai 12,8 kilometer per liter untuk kondisi jalan normal.

Baca juga : Rincian Lengkap Tarif Tol Jakarta-Semarang Terbaru 2020 untuk Truk dan Bus

Maka asumsinya, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya dengan jarak tempuh 760 kilometer dibutuhkan bahan bakar sekira 60 liter.

Total bahan bakar tersebut dihitung jika average konsumsi bahan bakar 1 liter mampu mencapai jarak 12,8 kilometer.

Dengan jumlah konsumsi bahan bakar tersebut, maka pengemudi hanya melakukan satu kali pengisian bahan bakar. 

Pengisian satu kali tersebut dihitung menggunakan truk jenis Mitsubishi Colt Diesel yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 100 liter.

Simak juga : Truk Kepala Kuning Mitsubishi Canter, Tinta Emas 50 Tahun KTB di Indonesia

Jika mobil menggunakan bahan bakar dengan biosolar B30 yang memiliki harga per liter Rp 5.150 maka dibutuhkan biaya mencapai Rp 309.000.

Sedangkan jika menggunakan Dexlite yang memiliki harga Rp 9.500 perliter, maka dibutuhkan dana sebesar Rp 570.000.

Sebagai informasi, harga Dexlite itiu untuk wilayah DKI Jakarta dan belum tentu sama untuk wilayah lainnya, biasanya akan ada perbedaan harga dikisaran Rp 200.

Penghitungan konsumsi bahan bakar tersebut, merupakan perkiraan, dan tidak dalam kondisi macet dan kapasitas penumpang dan barang bawaan yang tentu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Share :

Penjualan Truk Anjlok 54,39% Selama 2020

Melansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), truk ringan atau light duty truck (LDT) menjadi kontributor tertinggi

Read More
Pertimbangan Servis di Bengkel Sendiri atau Bengkel Resmi Truk Eropa

Teknisi juga berperan dalam memperbaiki kerusakan kendaraan. Secara umum, hadirnya teknisi dapat meminimalisasi downtime kendaraan.

Read More
Diproduksi April 2021, Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2 Sudah Bisa Dipesan

Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2, mulai sekarang sudah bisa dipesan di 24 negara di dunia terpilih.

Read More