Jakarta, MobilKomersial.com - Siapa yang tidak kenal truk “kepala kuning” yang kini memasuki usia 50 tahun dalam perjalanannya di industri otomotif Indonesia. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia, sukses mencatat namanya di sejarah Indonesia, sebagai penjual truk terbanyak hingga usianya memasuki 50 tahun kini.

Bahkan pada Januari 2017 lalu, KTB berhasil mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai perusahaan dengan “Pencapaian Penjualan Truk Terbanyak” di Tanah Air. Tentu saja hal tersebut merupakan hasil kesuksesan dari perjalanan panjang KTB berkiprah di Indonesia.

“Atas pencapaian tersebut, kami tentunya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Sales & Marketing KTB, Duljatmono.

Baca juga : Truk Kepala Kuning Mitsubishi Canter, Tinta Emas 50 Tahun KTB di Indonesia

Berawal dari tahun 1970, saat PT New Marwa menjadi distributor resmi Mitsubishi Colt Diesel T100, sambutan positif dari model truk pertama tersebut menjadikan tombak kesuksesan KTB. Besarnya respon masyrakat pun mendorong New Marwa menghadirkan generasi penerusnya yakni T120

Tepat pada tahun 1973, PT New Marwa berubah nama menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang kemudian menghadirkan generasi ketiga dari Mitsubishi Fuso, yakni Canter T200.

Lalu pada tahun 1979, barulah Tipe FE101 dan FE111 yang berwarna kuning muncul, diikuti kehadiran 104 di tahun 1984 sebagai Colt Diesel 4 ban. 

Kedua truk inilah yang menjadi awal dari julukan truk “kepala kuning” yang sangat sukses di pasaran kala itu. Awal dari julukan itu bermula saat KTB menggunakan warna khas kuning pada kedua unit terbarunya, yang hingga kini menjadi ciri khas dari produk KTB.

Share :

Penjualan Truk Anjlok 54,39% Selama 2020

Melansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), truk ringan atau light duty truck (LDT) menjadi kontributor tertinggi

Read More
Pertimbangan Servis di Bengkel Sendiri atau Bengkel Resmi Truk Eropa

Teknisi juga berperan dalam memperbaiki kerusakan kendaraan. Secara umum, hadirnya teknisi dapat meminimalisasi downtime kendaraan.

Read More
Diproduksi April 2021, Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2 Sudah Bisa Dipesan

Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2, mulai sekarang sudah bisa dipesan di 24 negara di dunia terpilih.

Read More