Jakarta, MobilKomersial.com – Kebutuhan dan pangsa pasar di bisnis makanan, farmasi dan fashion, tidak dapat dipisahkan dari industri penunjang logistik berpendingin (cold chain).

Karena perlakuan untuk muatan makanan, farmasi dan bahan baku fashion terbilang cukup sensitif (peka suhu) dan berbeda dengan muatan lain yang bisa diangkut dengan angkutan barang pada umumnya.

Untuk menangani muatan tersebut, dibutuhkan kendaraan yang mampu menjaga kualitas barang.

Jenis kendaraan komersial yang digunakan bisa apa saja, dari truk paling besar hingga paling kecil dan pick up pun dapat digunakan.

Tapi, yang membedakan adalah karoseri untuk mengangkut muatan di kendaraan tersebut.

Oleh karena itu, dibutuhkan karoseri yang telah didesain khusus agar dapat menjadi alat pendingin untuk menjaga kualitas barang selama barang dipindahkan dari warehouse ke truk, di perjalanan dan kembali masuk ke dalam warehouse.

”Selama ini karoseri berpendingin yang ada di Indonesia merupakan produk impor. Hanya proses perakitannya saja yang di Indonesia,” kata Rusda Arita, Senior Manager PT Dunex.

Kelebihan dari karoseri berpendingin ini adalah mampu menurunkan suhu dalam waktu singkat.

Bahkan untuk mendapatkan suhu minus 18 derajat celcius, alat pendingin di karoseri ini hanya butuh waktu 45 menit.

Share :

KIA Hadirkan Truk Konsep Kargo Taktis Ringan Baru, Punya Tampang Sangar

Kia belum lama ini memamerkan dua konsep Truk Kargo Taktis Ringan dan sasis tanpa bodi pada International Defense Exhibition & Conference (IDEX) (IDEX) 2021

Read More
Beri Efek Jera Pelaku ODOL, 2 Truk di Jambi Dinormalisasi

Kementerian Perhubungan mengklaim bila pihaknya kian gencar merealisasi program zero Over Dimension Over Loading (ODOL) hingga tahun 2023 mendatang.

Read More
Angkut Vaksin Covid-19, BharatBenz BSafe Express Jadi Solusi Muatan Peka Suhu

BharatBenz BSafe Express merupakan truk yang dirancang secara khusus untuk mengangkut vaksin Covid-19.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler