MobilKomersial.com – Guna meminimalisasi downtime kendaraan, perusahaan angkutan barang yang memiliki banyak armada perlu memiliki solusi merawat kendaraan tanpa harus ke bengkel terlebih dahulu. 

Sejak adanya lube truk, perusahaan angkutan tidak perlu bolak-balik membawa kendaraannya ke bengkel untuk perawatan kendaaran, karena truk dengan karoseri khusus ini mampu merawat kendaraan di dalam satu area kerja. 

Selain itu, lube truk juga dapat membantu menangani kerusakan kendaraan di jalan, terutama untuk truk yang aktif beroperasi di jalan raya. 

Tanpa ada lube truk, kerusakan kendaraan di jalan raya akan lama teratasi karena masih harus diderek ke bengkel dan juga memakan waktu di bengkel. Idealnya satu lube truk dapat menangani 20 armada. 

"Lube truk cocok digunakan di industri pertambangan yang memiliki volume kendaraan cukup banyak. Industri semacam itu sangat memperhatikan performa kendaraan mereka," kata Bambang Niryono, Sales and Marketing Manager Columbia Chrome Indonesia. 

Baca juga: Inilah Truk Tangguh yang Cocok untuk Gaya dan Pamer

Hadirnya lube truk di Indonesia bisa dibilang belum terlalu lama. Kebutuhan lube truk di area tambang baru dirasakan sejak sektor tambang di Indonesia mulai menggeliat, yakni di tahun 2012.

Namun, untuk produksi truk jenis ini sudah dilakukan sejak 2008 oleh beberapa pabrikan dengan merek Volvo AF dan Catepilar 345. 

Pada umumnya, lube truk memiliki beberapa fitur khusus seperti tempat penampungan oli bekas dan oli baru, air, bahan bakar, dan air.

Kemudian juga dilengkapi dengan tool box, alat-alat elektrik dan lampu kerja, serta beberapa alat lainnya bergantung pada kebutuhan kinerja truk yang sedang beroperasi. 

Simak juga : Genjot Ketertinggalan, FAW Targetkan Jual 600 Truk

Untuk lube truk di kelas 5 ton, dilengkapi 5 tangki yang mampu mengangkut 500-800 liter cairan. Di kelas 10 ton memiliki lima tangki dengan masing-masing tangki dapat mengangkut 1.000 liter.

Sedangkan di kelas 30 ton, dapat mengangkut 2.000 liter air di masing-masing tangkinya. 

Bagi perusahaan yang memiliki banyak armada, berinvestasi lube truk adalah pilihan tepat. Karena kerugian akibat downtime untuk beberapa kendaraan itu cukup besar.

Selain itu, untuk perusahaan-perusahaan yang menggunakan truk bekas sangat membutuhkan kendaraan ini, karena itensitas servis kendaraannya juga cukup tinggi.

 

(Denny)

Share :

KIA Hadirkan Truk Konsep Kargo Taktis Ringan Baru, Punya Tampang Sangar

Kia belum lama ini memamerkan dua konsep Truk Kargo Taktis Ringan dan sasis tanpa bodi pada International Defense Exhibition & Conference (IDEX) (IDEX) 2021

Read More
Beri Efek Jera Pelaku ODOL, 2 Truk di Jambi Dinormalisasi

Kementerian Perhubungan mengklaim bila pihaknya kian gencar merealisasi program zero Over Dimension Over Loading (ODOL) hingga tahun 2023 mendatang.

Read More
Angkut Vaksin Covid-19, BharatBenz BSafe Express Jadi Solusi Muatan Peka Suhu

BharatBenz BSafe Express merupakan truk yang dirancang secara khusus untuk mengangkut vaksin Covid-19.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler