Jakarta, MobilKomersial.com – Pengusaha angkutan penumpang kini bisa bernapas lega, karena pengetatan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Jawa-Bali yang diberlakukan sejak 11-25 Januari 2021, tidak mengatur terkait pembatasan jumlah penumpang. 

Sebelumnya, sempat beredar kabar bila Gubernur DKI Jakarta sempat akan membatasi jumlah penumpang di dalam kendaraan pribadi dan angkutan umum hanya dibatasi maksimal 50%. 

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan menyatakan, terkait PSBB Jawa-Bali 2021 tidak membatasi jumlah penumpang. Sedangkan untuk pembatasan jumlah penumpang, kata Sani, tetap seperti sebelumnya, yakni 80%.

Baca juga: PSBB Kembali Diperketat, Mobil Hanya Boleh Angkut 50% Penumpang

”Berdasarkan dari Surat Edaran 1 Tahun 2021 dari Kemenhub yang baru kami terima tadi malam tidak mengatur terkait pembatasan kapasitas atau jumlah penumpang. Surat edaran itu hanya menekankan persyaratan antigen,” kata Sani pada MobilKomersial.com, Rabu (13/1/2021).

SE yang diterima oleh IPOMI tersebut merupakan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 1 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan transportasi darat dalam masa pandemi corona virus. 

Berdasarkan SE tersebut dikatakan bila perjalanan dengan angkutan umum tetap wajib menaati protokol kesehatan ketat mulai dari pemberangkatan, selama perjalanan sampai dengan kedatangan. 

Imbauan terkait SE No. 1 Tahun 2021 tersebut diperuntukkan untuk angkutan umum yang meliputi: angkutan lintas negara, antar kota antar provinsi, antar kota dalam provinsi, antar jemput antar provinsi, pariwisata. Sedangkan untuk angkutan bermotor perseorangan meliputi: mobil penumpang, sepeda motor dan angkutan sungai danau penyebrangan. 

Selain bicara tentang penerapan 3M, di dalam surat edaran tersebut juga menyatakan tentang keharusan angkutan umum dan pribadi atau perseorangan diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau non reaktif rapid tes antigen yang sampelnya harus diambil 3x24 jam sebelum keberangkatan. 

 

(Denny)

Share :

PO Gunung Harta Rilis 2 Unit Bus Double Decker, Ada Kursi Pijat dengan Konfigurasi 1-1-1

Perusahaan Otobus (PO) Gunung Harta baru saja merilis 4 unit bus yang memakai sasis Volvo B11R 430 I-Shift.

Read More
VinBus Resmi Operasikan Bus Listrik Cerdas Pertama di Vietnam

PT VinBus Ecology Transport Services secara resmi membuka dan mengoperasikan bus listrik pintar pertama di Vietnam, Kamis, 8 April 2021.

Read More
Selama Larangan Mudik, 3 Terminal Bus di Jakarta Bakal Ditutup

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menutup tiga terminal bus antar kota dan antar provinsi (AKAP)

Read More
honda

Terkini

Terpopuler