Jakarta, MobilKomersial.com - Penjualan mobil Suzuki selama periode Januari-Desember 2020 mencatatkan sebesar 65,9% untuk wholesales dan 70,4% untuk retail sales, jika dibanding tahun lalu.

Kendaraan Suzuki buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun mendominasi raihan dengan kontribusi lebih dari 90% terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

Donny Saputra, 4W Marketing Director P Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pencapaian ini didukung program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment.

Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri," terang Donny lewat siaran resminya, Rabu (13/1/2021).

Baca juga : Suzuki Perpanjang Program Tukar Tambah Mobil di Auto Value, Lihat Syaratnya

Adapun model produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7.

Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6% sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional Suzuki.

Sementara XL7, menjadi kontributor terbesar di segmen kendaraan penumpang dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales.

"XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales," terang Donny.

Dijelaskan Donny, selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

"Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air," tutup Donny.

Share :

Jajal Pasar Komersial, Peugeot Perkenalkan Pikap Landtrek, Berikut Spesifikasinya

Ingin mengembangkan pasar di negara-negara berkembang di Amerika Selatan, Peugeot perkenalkan pikap Landtrek.

Read More
Jeep Gladiator, Pikap Ini Dibanderol Hampir Rp 2 Miliar, Berikut Spesifikasinya

Kabar baik bagi pengendara mobil sekaligus pecinta petualangan telah tiba. Setelah cukup lama menunggu, akhirnya DAS Motor Indonesia merilis Jeep Gladiator Rubicon di pasar otomotif Indonesia.

Read More
New Carry Pick Up Dongkrak Kinerja Ekspor Suzuki pada Januari 2021

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatat pergerakan positif dalam kinerja pengapalan mobilnya ke mancanegara yang tumbuh 7% pada Januari 2021 dibandingkan Desember 2020

Read More
honda

Terkini

Terpopuler