Mobil Listrik pun Ada Kendalanya

Mobkom-Image-Umum-Mobil Listrik pun Ada Kendalanya
Mobkom-Image-Umum-Mobil Listrik pun Ada Kendalanya
Foto: Forkewsift

Seiring dengan berbagai keuntungan yang didapat dari mengaspalnya mobil listrik, ternyata ada pula kelemahan dan kendala yang menyertainya.

Seperti diungkapkan Presiden Hong Kong Taxi dan Public Light Bus Association, Wong Chung Keung, beberapa kendala yang dapat menghadang pengembangan mobil listrik ke depan, antara lain harga, infrastruktur, mengubah budaya masyarakat dan industri oposisi. “Bila dilihat dari sisi harga, baterai mobil listrik memang mahal,” papa Wong, seperti dikuti AFP.

Wong menambahkan, dari sisi infrastruktur, mobil listrik memerlukan alat dan sarana untuk menambah daya  terhadap baterai. Alat dan sarana itu harus tersedia di tempat umum maupun di rumah pemilik mobil.

Di sisi lain, pengembangan mobil listrik juga perlu mengubah kebiasaan masyarakat yang lebih terbiasa mengisi bahan bakar minyak di tempat pengisian bahan bakar. Sedangkan kendala lain yakni industri oposisi, yaitu kendaraan konvensional berbahan bakar minyak.

Walau begitu, Wong menyampaikan rasa optimisnya terhadap pengoperasian mobil bertenaga listrik. Secara hitungan ekonomi, masih bisa menjanjikan. Apalagi bila dioperasikan sebagai kendaraan komersial. Dia berharap, negara-negara di Asia mampu menjadi pelopor untuk hal ini. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan