Setra Perkenalkan Bus Premium TopClass 500

bus Premium Setra-TopClass-500-Premium-Bus
MobKom-image-Setra-TopClass-500-Premium-Bus
Setra TopClass 500 Premium Bus

Pabrikan bus di bawah bendera Daimler, Setra, tak henti-hentinya berinovasi. Pekan lalu, mereka memperkenalkan model terbaru mereka untuk kelas premium, 500 TopClass. Model ini melengkapi ComfortClass untuk SETRA seri 500 yang dirilis sebelumnya. Seperti diketahui, Setra memiliki tiga kelas model untuk berbagai kebutuhan pelanggan, mulai dari MultiClass, ComfortClass dan TopClass.

 

Dalam siaran persnya, Setra menggadang-gadang TopClass seri 500 ini sebagai bus premium teratas. Tak salah, bus yang diperkenalkan dalam bentuk gambar digital itu mengambil model bus tiga gandar (3-axle), yang diperkenalkan tahun lalu. Menurut mereka, Topclass 500 akan tetap muda untuk waktu yang lama. Hadir untuk membuat tren dalam desain, inovasi, kenyamanan dan keamanan.

Hartmut Schick, Head of Daimler Bus, yakin bahwa varian ini segera diminati di negara-negara Eropa. Pasalnya, Topclass 500 meredefinisi nyawa utama bangunan bus. Setra bus wisata menjadi ‘kartu truf’ untuk setiap operator bus yang eksklusif, yang menawarkan yang terbaik untuk pelanggan.

Secara visual, TopClass seri 500 ini mirip dengan pendahulunya TopClass seri 400. Memiliki asesoris lengkung di bagian garis atas kaca samping, yang cukup dikenal di Indonesia. Bentuk di sudut lengkung yang lebar menurun diperbaharui, lebih futuristis. Bagian depan yang berlabur warna hitam mulai dari atas kaca depan hingga bumper memberikan kesan yang tegas. Apalagi didukung dengan kaca depan yang melengkung.

“Bentuk aerodinamis dari bus yang disiapkan untuk bus wisata ini melewati proses pembangunan yang kompleks dan pengujian terowongan angin yang ekstensif. Transisi dioptimalkan dari ujung depan ke sisi dinding, atap dan bagian belakang menjamin tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah,” papar Hartmut Schick.  Ia menambahkan, gerak areodinamis bus ini akan memiliki nilai ekonomis, yakni menekan biaya operasional.

Topclass 500 akan tersedia dalam tiga varian, yakni S 515 HDH, S 516 dan S 517 HDH dengan varian panjang 12,5 m, 13,3 m dan 14,2 m. Ketinggian kendaraan secara keseluruhan 3.88 m. Di balik kap mesin Topclass 500, ada mesin seri OM 471 LA enam silinder segaris dengan pilihan tenaga 350 HP dan 375 HP.

“Kinerja mesin ditopang transmisi asli Daimler tipe GO 250-8 Powershift. Secara keseluruhan, dapur pacu andalan terbaru Daimler Bus ini berstandar emisi Euro VI. Topclass 500 adalah manifestasi konsep konstruksi ringan dan cerdas, yang mengurangi berat lebih dari 150 kilogram, namun memiliki kekokohan yang lebih besar meski lebih ringan,” ujar Hartmut Schick berpromosi. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan