Grant Morice dan Youngki Park Rajai Volvo Fuelwatch 2013

Mobkom-Image-Grant Morice dan Youngki Park Rajai Volvo Fuelwatch 2013
Mobkom-Image-Grant Morice dan Youngki Park Rajai Volvo Fuelwatch 2013
Youngki Park, pemenag ajang Volvo Fuelwatch 2013, untuk kategori off-road

Digelar di dekat Brisbane, Australia, 22 dan 23 Oktober, babak final dari kompetisi Volvo Truck Asia Pasific Fuelwatch Championship  2013 dimenangkan oleh Grant Morice. Pengemudi truk asal Australia ini dapat mempergunakan dengan baik keuntungannya sebagai tuan rumah dan dianugrahi sebagai yang paling efisien di antara semua partisipan dari seluruh Asia Pasifik dalam kompetisi on-road.  Sedangkan di kompetisi off-road, kemenangan jatuh pada Youngki Park dari Korea.

Tercatat, 13 pengemudi diundang oleh Volvo Truck Asia Oceania ke area Mount Cotton Training Centre, 30 menit jauhnya berkendara dari Brisbane. Sebelumnya, para peserta telah melalui kompetisi Fuelwatch nasional yang telah digelar di negara mereka masing-masing.

Mereka berasal dari Korea, China, Taiwan, Thailand, Malaysia, Singapore, Indonesia, Sri Lanka, Australia, dan New Zaeland, dimana New Zaeland dan Sri Langka menjalani kali pertama mereka berpartisipasi dalam Fuelwatch. Sedangkan Korea, Singapore, dan Indonesia datang dengan dua pengemudi.

Pada hari pertama acara, Volvo Truck menggelar sesi latihan dengan tujuan menyiapkan para pengendara untuk kompetisi sesungguhnya. Hal itu tidak menjadi sebuah masalah besar, mengingat ini hanya seperti mengulang kembali apa yang peserta telah lalui.

Mobkom-Image-Grant Morice dan Youngki Park Rajai Volvo Fuelwatch 2013
Grant Morice, pemenang Volvo Fuelwatch 2013, untuk kategori on-road

Ian Sinclair, Product Director Volvo Truck Asia Oceania, yang bertanggung jawab dalam program latihan pengendara ini menjelaskan, truk terbaik membutuhkan pengemudi terbaik. Itulah mengapa mereka menginvestasikan banyak sekali hal dalam perkembangan pengemudi, termasuk menyediakan pelatihan untuk mengenal apa yang utama dari truk tersebut. ”Efisiensi maksimum dalam keamanan maksimum. Itulah kenapa kita dapat menciptakan real value kepada kustomer kita,” paparnya.

Hingga akhirnya, Grant Morice dari Australialah yang menunjukan nyali yang paling tinggi, menyajikan dirinya sebagai yang paling efisien sepanjang jalur sepanjang 5.8km, mengendarai New Volvo FH16 6×4, dengan berat kotor sekitar 40 ton. Pada sisi off-road, dengan panjang 4.2 km melalui medan yang terjal, keluar Youngki Park dari Korea sebagai pemenang yang berhasil menyimpan bahan bakar paling banyak dalam kompetisi tersebut dengan Volvo FMX 8X4 (berat kotor 21 ton).

Grand Morice dan Youngki Park mendapat kesempatan ini terlebih dahulu dalam sebuah kunjungan pertama mereka ke kampung halaman dari Volvo Truck. Hadiah atas kemenangan mereka di kompetisi Off dan On road di Fuelwatch Asia Pacific Championship 2013 ini adalah sebuah liburan ke Swedia. (ATN)

Catatan Perjalanan Antonius Sulistyo

Tinggalkan Balasan