Land Rover Matikan Defender Lebih Cepat

Mobkom-Image-Land Rover Matikan Defender Lebih Cepat
Mobkom-Image-Land Rover Matikan Defender Lebih Cepat
Foto: LeftLaneNews

Land Rover akhirnya mengkonfirmasi akan mengakhiri produksi varian yang telah lama menjadi ikon mereka, Defender SUV, pada Desember 2015. Waktu tersebut berarti dua tahun lebih cepat dari jadwal yang ditentukan semula.

Diungkapkan Juru Bicara Land Rover, Defender memang ‘dimatikan’ lebih cepat dari tenggat waktu sebelumnya. Faktor keamanan yang ketat dan aturan emisi udara yang bakal diberlakukan di seluruh Eropa sebelum akhir dekade ini adalah penyebabnya.

“Meskipun secara teknis memungkinkan untuk menyesuaikan mesin Defender agar emisinya lebih bersih, hal tersebut tetap sulit untuk disesuaikan dengan norma-norma keselamatan yang selalu ketat di Eropa, karena desain dasar varian ini sudah terlalu tua,” papar sang Juru Bicara.

Sejalan dengan itu, rumor tentang pengganti Defender sudah tersebar luas. Namun, tidak ada yang tahu nama varian tersebut. Dari kabar angin, kendaraaan itu akan jauh lebih ‘jinak’ dari Defender. Hal itu ditunjukkan dari konsep interior yang lebih premium dan nyaman. Namun, Land Rover menampik roh Defender akan benar-benar terhapus. Inti dan fungsionalitas khas Defender tetap dipertahankan.

Bila menengok ke belakang, Defender pada dasarnya merupakan evolusi dari Land Rover Seri I asli yang ditujukan untuk petani Inggris, ketika diperkenalkan sebagai kendaraan ‘keras’ pertama pada 1948. Berhasil eksis dan sukses secara instan, varian ini melalui beberapa evolusi, termasuk Seri II, III dan Seri Cab.

Dari sisi dapur pacu, Defender telah mengaplikasi sejumlah mesin, mulai dari empat silinder diesel hingga pengaplikasian bahan bakar gas. Tahun 2011, turbodiesel 2.2 – liter empat silinder disematkan di varian ini. Beberapa peningkatan fitur, seperti sistem stereo Alpine dengan input USB, konektivitas bluetooth dan dua warna baru eksterior di tahun 2013. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan