Mercedes-Benz M-Class Sukses Raih Top Safety Pick +

Mobkom-Image-Mercedes-Benz M-Class Sukses Raih Top Safety Pick +
Mobkom-Image-Mercedes-Benz M-Class Sukses Raih Top Safety Pick +
Foto: Automotive Fleet

Mercedes-Benz M-Class sukses meraih Top Safety Pick +. Prestasi tersebut diraih setelah varian ini melewati tes tabrakan yang dirancang jauh lebih ketat oleh American Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).

Sebelumnya, SUV premium ini sukses menerima lima bintang di tes NCAP AS dan tes NCAP Euro pada tahun 2012. Dengan diraihnya penghargaan terbaru tersebut, M-Class sekali lagi telah berhasil mencapai nilai terbaiknya dan mempertahankan posisi terdepan dalam tiga peringkat keselamatan yang paling penting dan jadi acuan di dunia.

Sumber di IIHS menyebut, secara keseluruhan, sebagai bagian dari pengembangan M-Class, Mercedes-Benz diuji tidak kurang dari 36 kasus beban yang sama sekali berbeda satu dengan yang lain dalam kondisi pengujian yang sebenarnya. Ini sudah termasuk simulasi komprehensif sebagai bagian dari fase prototipe digital.

“Sebagai bagian dari test ini, tes tabrakan dari depan pun dilakukan dengan rasio kontak muka 25 persen. Ini dirancang untuk mensimulasikan tabrakan dari depan, dimana pengemudi mencoba untuk berbelok ke samping tapi tidak cukup berhasil untuk menghindari kendaraan yang datang dari arah berlawanan,” papar sumber tersebut.

Kendaraan keluaran tahun 2014 harus melewati tes ini untuk menerima penghargaan ‘Top Safety Pick’. Dari total lima tes kecelakaan yang dilakukan oleh IIHS (frontal 40 persen, frontal  25 persen, tabrakan samping, whiplash dan atap yang hancur), hanya tes overlap kecil yang dapat dinilai dengan rating ‘Diterima’. Sementara, semua tes lainnya harus dilakukan dengan mendapat nilai ‘Baik’ untuk mencapai penghargaan TSP + yang baru. Dalam hal ini, M – Class membuktikan telah berhasil melewati itu semua. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan