Peugeot Kembali ke Ganasnya Rally Dakar

mobkom-image-peugeot-akan-kembali-ke-rally-dakar-2015-?
Mobkom-Image-Peugeot-Kembali-ke-Ganasnya-Rally-Dakar
Foto: Carbase

Peugeot berencana untuk kembali ke Rally Dakar pada tahun 2015, setelah tidur panjangnya selama 25 tahun. Kabar yang dilansir surat kabar Perancis l’Equipe menyebutkan, tim ini akan kembali lagi dengan mobil two-wheel drive yang disponsori oleh Red Bull.

Untuk kepastian tentang kategori belum ada kejelasan apakah mereka akan berkompetisi dalam kategori T1 atau T2. Itu semua tergantung pada keputusan pabrikan asal Perancis tersebut, apakah mereka akan mengikuti kejuaraan itu dengan sebuah mobil yang sengaja didesain sesuai pengendara atau modifikasi total dari varian yang telah ada.

Dilansir juga mereka tidak akan menggandeng Sebastian Loeb dalam kembalinya Peugeot ini karena dia sudah bergabung dalam tim baru Citroen yaitu WTCC. Sebagai gantinya mereka dapat memakai Stephane Peterhansel, pemenang Dakar 11 kali untuk mengendarai salah satu dari mobilnya.

Peugeot tampaknya akan menghabiskan banyak uang dalam hal ini. Namun, berpartisipasi dalam kejuaraan motorsport seperti Rally Dakar adalah sebuah cara yang rasional dalam menaikan citra mereka, seperti halnya sebuah iklan yang mendukung mereka semusim penuh. Jika berita yang telah diturunkan itu benar, sebuah pengumuman resmi dari Peugeot tentang Rally Dakar akan dibuat pada bulan mendatang.

Peugeot sendiri sudah terkenal sebagai veteran di Rally Dakar. Sayangnya, perhatian mereka teralih untuk kompetisis tersebut setelah FIA melarang mobil-mobil grup B untuk berkompetisi di ajang WRC. Mereka memenangkan perlombaan di tahun 1987 dan 1988 dengan 205 T16 dan selanjutnya diikuti oleh 405 T16 yang merebut posisi pertama di tahun 1989 dan 1990. Pengendara Ari Vatanen berkontribusi besar di dalamnya dengan menjuarai tiga dari empat gelar tersebut. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan