Toyota Bangun Stasiun Pengisian Gas Hidrogen

Mobkom-Image-Toyota-Bangun-Stasiun-Pengisian-Gas-Hidrogen
Mobkom-Image-Toyota-Bangun-Stasiun-Pengisian-Gas-Hidrogen
Foto: Toyota Tsusho

Terus berinovasi, Toyota menjalin kolaborasi dengan perusahaan gas industrial Prancis, Air Liquide, untuk membangun jaringan stasiun pengisian gas hidrogen di Jepang. Nantinya, stasiun tersebut dipergunakan sebagai sarana untuk mengisi bahan bakar mobil berteknologi fuel cell.

Langkah tersebut diambil guna mengantisipasi penjualan mobil fuel cell ke konsumen dua tahun yang akan datang. Setelah mencapai kesepakatan, Air Liquide dan Toyota Tsusho berkongsi mendirikan perusahaan baru.

Direncanakan, mereka akan membangun 100 stasiun pengisian gas hidrogen di sepanjang jalar tol di empat kota besar utama Jepang. Kota-kota itu adalah Tokyo, Nagoya, Osaka dan Fukuoka. Proyek pembangunan itu diperkirakan akan selesai dalam dua tahun.

Fuel cell menghasilkan listrik dari reaksi kimia hidrogen dan oksigen. Hasilnya adalah energi listrik dan uap air.  Jadi tidak ada polusi udara. Yang perlu disiapkan adalah jaringan pengisian gas hidrogen.

Dalam proyek kerjasama ini, Air Liquide kebagian tugas memproduksi, menyimpan dan mendistribusikan gas hidrogen. Selama ini, mereka sudah membangun lebih dari 60 stasiun isi ulang gas di seluruh dunia. Sedangkan Toyota Tsusho akan mengelola semua bisnis Toyota Group yang berkaitan dengan energi. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan