Crown, Akses Toyota Kembali ke Gaya Klasik

Mobkom-Image-Crown,-Akses-Toyota-Kembali-ke-Gaya-Klasik
Mobkom-Image-Crown,-Akses-Toyota-Kembali-ke-Gaya-Klasik
Foto: Carscoops

Toyota akan kembali bernostalgia dengan merilis ulang sedan Crown klasik tahun 80-annya dalam rilisan terbaru di model Crown 2014. Diproduksi untuk pasar Jepang, Toyota akan mengeluarkan dua varian edisi kali ini dalam seri klasik dan seri modern.

Untuk model modernnya akan menjadi varian Crown generasi ke 14, yang rencananya akan dipamerkan bulan Desember mendatang. Sedang untuk seri klasiknya sendiri akan terbagi menjadi beberapa model, yaitu Crown Sedan dan Comfort Deluxe. Untuk seri taksinya ada Comfort SG, dan Comfort Instruction Car untuk kendaraan pengujian sim.

Dari sisi spesifikasi, sedan yang mencapai masa keemasan di era-era Ronald Reagan ini mengalami beberapa peningkatan kecil untuk model tahun 2014. Sebut saja pengendali traksi VSC dan TRC yang sudah menyatu dan sistem stabilisasi yang ada pada semua versi.

Di sisi dasbor pun ada beberapa perubahan, seperti speedometer dan tachometer yang sudah direvisi mengikuti zaman,dengan beberapa fungsi pengendali yang sudah dilengkapi iluminasi.

Untuk dimensi, hampir sama dengan Toyota Camry rilisan Amerika Utara yang berkisar antara 190.2 inchi. Dapur pacunya dipersenjatai mesin bensin empat silinder 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 111hp, disalurkan oleh 4-speed automatic turning pada ban belakang.

Harga varian ini untuk pasar Jepang berkisar antara 1,738,800-2,973,600 Yen, yang jika dikonversikan ke dolar amerika akan senilai dengan USD 17,800 – 30,400 pada kurs sekarang. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan