Toyota Kembangkan Komunikasi Antar Mobil

Mobkom-Image-Toyota Kembangkan Komunikasi Antar Mobil
Mobkom-Image-Toyota Kembangkan Komunikasi Antar Mobil
Foto: Automotive News

Toyota Motor Corporation dalam dua tahun ke depan akan memperkenalkan sebuah sistem yang memungkinkan adanya komunikasi antar mobil. Sistem tersebut  diaplikasi untuk mencegah terjadinya tabrakan.

Seperti dirilis Bloomberg, sistem ini menggunakan gelombang radio untuk mengumpulkan data tentang kecepatan kendaraan lain, agar jarak tetap aman. Sistem juga membantu sebuah mobil untuk tetap dalam jalur yang semestinya, lewat radar dan perangkat lunak pengendali.

Toyota melakukan penelitian untuk pengembangan sistem mengemudi otomatis, yang terpusat pada pengurangan kecelakaan di jalan. Diungkapkan Moritaka Yoshida, Kepala Manajemen dan Kepala Bagian Teknologi Keselamatan, dengan adanya informasi kecepatan yang diberikan melalui komunikasi nirkabel, mobil-mobil dapat menghilangkan akselerasi yang tidak diinginkan. Deselerasi juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalan dan meningkatkan efesiensi bahan bakar.

“Sistem Toyota telah mengembangkan teknologi inkorporatif yang diturunkan dari penelitian mengemudi otomatis,” papar Yoshida.

Sistem kendali otomatis memang diprediksi akan menjadi tren besar di ranah otomotif pada waktu mendatang. Mobil rilisan General Motor, yang akan keluar pada tahun 2020, diperkirakan akan dapat berjalan sendiri pada jalan raya yang telah dipasang akses pengendali, seperti pada jalan  lintas negara.

Sementara ini Nissan Motor Corporation akan mencoba sebuah mobil yang dipasangi sistem pemandu pengemudi. Secara terpisah, Google Inc pun mengembangkan teknologi untuk kendali otomatis pada mobil. (AMO)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan