Volvo Kukuhkan Sistem Nirkabel Isi Ulang Kendaraan Listrik

Mobkom-Image-Volvo Kukuhkan Sistem Nirkabel isi Ulang Kendaraan Listrik
Mobkom-Image-Volvo Kukuhkan Sistem Nirkabel isi Ulang Kendaraan Listrik
Foto: Leftlane News

Volvo akhirnya berhasil mengukuhkan sistem nirkabel isi ulang kendaraan listrik. Selama ini, pengisian induktif telah ada selama bertahun-tahun. Namun, sebagian besar telah dicadangkan untuk perangkat elektronik yang lebih kecil.

Kini, segalanya bisa segera berubah setelah Volvo berhasil menunjukkan bahwa pengisian nirkabel dapat menjadi pilihan yang layak untuk menyalakan kendaraan listrik.

“Pengisian induktif memiliki potensi besar. Teknologi nirkabel adalah cara yang nyaman dan efektif untuk mudah mentransfer energi. Penelitian ini juga menyimpulkan menunjukkan bahwa cara itu aman,” kata Lennart Stegland , Wakil Presiden Sistem Propulsion Listrik Volvo.

Volvo berharap pekerjaan yang dilakukan dengan mitra mereka, Bombardier Transportasi dan Coachbuilder Van Hool, akan membantu meletakkan dasar untuk standar pengisian induktif.

Seperti sistem pengisian induktif yang telah berkembang di pasaran untuk perangkat elektronik yang lebih kecil, sistem Volvo terdiri dari basis stasiun pengisian yang menciptakan medan elektromagnetik. Perangkat kedua dipasang ke kendaraan listrik yang dapat mengubah bidang tersebut menjadi energi listrik. Sistem ini dimaksudkan untuk menyederhanakan proses pengisian kendaraan lsitrik, karena menghilangkan kebutuhan fisik di kendaraan.

Menurut penelitian Volvo, versi cepat dari sistem nirkabel mampu mengisi sepenuhnya kendaraan listrik dalam waktu 2,5 jam. Volvo juga bekerja pada versi pengisian reguler dari teknologi induktif. Walau akan dilempar ke pasar dalam waktu dekat, Volvo belum mengumumkan kerangka waktu yang pasti kapan sistem pengisian nirkabel mungkin siap diaplikasi secara luas. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan