Daihatsu Siap Rilis Roadster Terbarunya

Mobkom-Image-Daihatsu-Siap-Rilis-Roadster-Terbarunya
Mobkom-Image-Daihatsu-Siap-Rilis-Roadster-Terbarunya
Foto: Leftlane News

Tokyo Motor Show 2013 akan menjadi ajang bagi Daihatsu untuk merilis secara resmi dua mobil konsep roadster, yang akan dinamakan Kopen RMZ dan Kopen XMZ. Dua varian ini digadang sebagai turunan dari roadster Copen yang dibuat hampir setahun lalu.

Kopen RMZ mengambil bentuk dari sebuah roadster dua pintu yang dipanjangkan, sepanjang 133 inci, lebar 58 inci, dan tinggi 51 inci, sebuah dimensi yang cocok dengan kebanyakan mobil di Jepang. Karakter agresif terlihat dari muka depannya, dengan desain lampu depan yang kaku dan kisi-kisi yang lebar dengan pola sarangmadu.

Sementara itu, penampilan Kopen XMZ sebenarnya hampir sama dengan RMZ tetapi terlihat lebih kasar, karena tambahan bahan plastik yang ada pada sisi-sisi mobilnya.

Konsep kedua varian itu menawarkan interior minimalis dengan slot touchpad smartphone di dalam dasbor bergaya tradisional, namun dengan instrumen-instrumen digital. Diaplikasikan pula trim carbon fiber dan kemudi tiga jari untuk membantu terjaganya atmosfir balap dari kendaraan ini. Dari sisi teknis belum ada informasi yang diberitakan. Namun Daihatsu mengindikasikan mobil terbuka ini akan ditenagai oleh mesin bensin tiga silinder 0.6 liter, yang memutar roda depan via CVT.

Secara kasat mata, Kopen XMZ masih terlihat sebagai sebuah mobil konsep. Namun RMZ yang lebih realistik akan masuk jajaran varian Daihatsu sebagai model reguler sebelum akhir tahun depan. Wilayah distribusinya mencakup Jepang dan negara-negara tetangganya. Sejauh ini belum ada sinyal yang mengisyaratkan varian ini bakal dipasarkan di Eropa. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan