Karena Masalah Katup Pegas, Toyota Recall Tacoma

Mobkom-Image-Karena-Masalah-Katup-Pegas,-Toyota-Recall-Tacoma
Mobkom-Image-Karena-Masalah-Katup-Pegas,-Toyota-Recall-Tacoma
Foto: Leftlane News

Toyota kembali melakukan recall atau penarikan kembali terhadap 4.000 pikap Tacoma 2013. Ditengarai, varian tersebut memiliki masalah pada pegas katupnya, yang secara signifikan dapat mengakibatkan gagalnya kinerja mesin.

Diungkapkan Toyota, varian dengan mesin empat silinder 2.7 liter tersebut memiliki resiko keretakan pegas katub yang sangat tinggi. Dalam waktu tak terlalu lama, mungkin saja komponen tersebut pecah, apalagi bila ditangani dengan peralatan yang keliru.

Ciri-ciri masalah pada pikap Tacoma yang berhubungan dengan pegas katub dapat dicermati dari suara mesin yang lebih bising dan kasar. Ketidaknormalan tersebut kadang diantisipasi dengan tindakan yang salah dari pengguna. Bahkan, bila terjadi kegagalan sistem mesin, pengguna seringkali mendorong pikapnya. Padahal, langkah tersebut dapat memperparah kerusakan pada pegas katup.

Dalam upaya melindungi konsumen dari resiko yang tak diinginkan, Toyota akan memberitahu pelanggannya melalui surat tertulis. Seperti dirilis Leftlane News, Toyota dalam beberapa bulan belakangan memang disibukkan oleh kasus penarikan kembali.

Sebut saja, penarikan 800 ribu variannya karena masalah kantong udara, penarikan 600 ribu minivan karena resiko rollaway, dan adanya kesalahan sistem listrik pada 130 ribu varian hibridanya. Tacoma sendiri pernah di-recall pada Agustus silam karena masalah sabuk pengaman. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan