Mitsubishi Jalin Kerjasama dengan Aliansi Renault-Nissan

Mobkom-Image-Mitsubishi-Jalin-Kerjasama-dengan-Aliansi-Renault-Nissan
Mobkom-Image-Mitsubishi-Jalin-Kerjasama-dengan-Aliansi-Renault-Nissan
Foto: Vcar

Aliansi Renault-Nissan dan Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan niat bersama untuk mengeksplorasi beberapa proyek baru. Proyek tersebut meliputi rencana produksi produk dan pengembangan teknologi produksi.

Dari kemitraan tersebut, diharapkan pengembangan mobil-mobil kecil, atau citycar, dapat dioptimalkan. Mereka menyebut, rincian lebih lanjut dari semua rencana produk, pasar dan manufaktur akan diumumkan secara terpisah.

Aliansi Renault- Nissan dan Mitsubishi Motors Corporation juga menegaskan niat mereka untuk berbagi teknologi dan aset produk yang berhubungan dengan kendaraan listrik dan platform generasi terbaru. Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors memang bisa dibilang yang pertama merintis dan mengenalkan varian-varian dengan standar nol emisi.

Berdasarkan diskusi antara Renault dan Mitsubishi Motors, pertama-tama diharapkan dua model sedan baru akan diluncurkan di bawah merek Mitsubishi, berdasarkan portofolio dari Renault. Studi sekunder dan tambahan pengerjaan proyek-proyek lain akan dipertimbangkan kemudian.

Carlos Ghosn, Presiden dan CEO Aliansi Renault -Nissan mengatakan, Nissan dan Mitsubishi Motors bersama-sama telah diuntungkan dari beberapa kolaborasi di masa lalu. Yang terbaru adalah sukses joint-venture pada mobil Kei di Jepang.  “Saya menyambut baik langkah yang diambil dan mengharapkan adanya kerjasama yang lebih luas. Ini dapat menciptakan peluang baru bagi Renault, selain untuk lebih memanfaatkan hubungan yang produktif antara Nissan dan Mitsubishi Motors,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Osamu Masuko, Presiden Mitsubishi Motors Corporation. Menurutnya, sebagai hasil dari pengembangan proyek kolaborasi dengan Nissan Motor, Mitsubishi Motors senang untuk bekerja sama lagi. “Mitsubishi Motors berharap bahwa setiap proyek kolaborasi baru dengan Aliansi Renault -Nissan akan membawa manfaat lebih lanjut, ” ujarnya.

Nissan dan Mitsubishi Motors sebelumnya memiliki sebuah perusahaan joint-venture, yang disebut NMKV. Didirikan pada bulan Juni 2011 untuk tujuan mengembangkan berbagai mobil Kei untuk kedua merek.

Sedangkan Aliansi Renault- Nissan adalah kemitraan strategis antara Renault (berbasis di Boulogn – Billancourt, Prancis) dan Nissan (berbasis di Yokohama, Jepang). Renault dan Nissan telah menjadi mitra strategis sejak tahun 1999 dan menjual 8,1 juta mobil di hampir 200 negara pada tahun 2012. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan