Bertone, Rumah Desain Otomobil yang Terancam Bangkrut

Mobkom-Image-Bertone,-Rumah-Desain-Otomobil-yang-Terancam-Bangkrut
Mobkom-Image-Bertone,-Rumah-Desain-Otomobil-yang-Terancam-Bangkrut
Foto: Istimewa

Bertone, perusahaan spesialis desain otomobil asal Italia, terancam bangkrut. Hal ini disebabkan kerugian yang cukup besar dalam beberapa tahun terakhir.

Bertone adalah sebuah rumah desain ternama. Mereka telah banyak menelurkan  mobil-mobil konsep untuk sejumlah besar pabrikan. Dan hampir pada setiap pameran otomotif di Eropa mereka selalu hadir. Tetapi sayangnya saat ini mereka diambang kebangkrutan. Buku pesanan dari Bertone telah lama kosong dalam jangka waktu yang lama. Sementara subdivisi barunya yang dinamai Bertone Workshop juga mengalami hal serupa.

Divisi baru yang dibentuk untuk membangun mobil-mobil spesial hasil pesanan para orang-orang kaya tersebut telah gagal untuk memenangkan hati kustomernya. Akibatnya, hampir sebanyak 165 pekerja telah dilaporkan cuti tanpa  pesangon dan 10 pekerja magang telah dipulangkan secara baik-baik.

Kini, upaya yang dilakukan adalah menjaga legenda ini tetap hidup. Seperti yang dilansir Leftlane News, sebuah proses legal sedang dilakukan untuk menemukan pemilik baru bagi Bertone. Sebuah perusahaan asal Turki telah menujukan minat. Sayangnya, pihak tersebut merahasiakan identitasnya. Untuk keperluan itu dana sebesar 2 juta Euro pun telah disiapkan. Jika disetujui, ketok palu tanda terima akan dilaksanakan pada hari-hari dekat ini. Ini berarti Bertone akan dinyatakan bangkrut pada awal tahun demi memfasilitasi pergantian kepemilikan.

Tampaknya Bertone tidak perlu khawatir jika pihak dari Turki tersebut gagal. Pasalnya, menurut lansiran media-media Italia, masih banyak yang berminat akan rumah desain tersebut. Setidaknya diberitakan ada tujuh pihak yang besedia membeli builder kebanggan Italia tersebut. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan