Cactus, Crossover Anyar Besutan Citroën

Mobkom-Image-Cactus,-Crossover-Anyar-Besutan-Citroën
Mobkom-Image-Cactus,-Crossover-Anyar-Besutan-Citroën
Foto: Leftlane News

Citroën telah menerbitkan sketsa yang menggambarkan versi produksi dari varian konsep Cactus, yang telah diperkenalkan ke publik pada ajang Frankfurt Motor Show, September lalu. Mobil tersebut akan memulai debut pada 5 Februari 2014, tanggal yang menandai ulang tahun ke-136 dari sang pendiri, André Citroën.

Dari sisi tampilan, Cactus akan mempertahankan ground clearance tinggi sesuai konsepnya. Kedua sisi mobil akan mengaplikasi bahan yang disebut Airbump, yang menggunakan kantong-kantong udara berukuran kecil untuk melindungi lembaran logam dari bantingan kecil dan goresan.

Di sisi interior, Cactus akan menampilkan jok yang sama seperti dalam varian konsep, dilengkapi dengan instrumen kluster sederhana dan konsol tengah. Menariknya, posisi buka tutup jendela belakang juga akan dibuat beda dengan varian crossover pada umumnya.

Untuk dapur pacu, varian ini kemungkinan mengaplikasi platform yang juga diaplikasi varioan Golf, dengan alternatif sejumlah mesin berbahan bensin dan diesel  tiga silinder, dengan kapasitas 1.2 – liter. Produsen kelihatannya akan menempatkan penekanan kuat pada penawaran drivetrains dengan emisi CO2 yang rendah.

“Pembeli tidak akan menemukan mesin turbocharged yang menghasilkan 155 tenaga kuda di varian ini.  Jika kami melakukannya, kami memerlukan struktur yang lebih komplkes, yang akan membuat varian ini lebih mahal,” jelas Pierre Monferrini , kepala produksi Citroën C. Monferrini  menambahkan, saat tiba di showroom di seluruh Eropa, crossover ini akan bersaing secara langsung dengan Dacia Duster yang lebih dahulu populer. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan