Ingin Bangkit, Fiat Dorong Penjualan 500 dan Panda

Mobkom-Image-Ingin-Bangkit,-Fiat-Dorong-Penjualan-500-dan-Panda
Mobkom-Image-Ingin-Bangkit,-Fiat-Dorong-Penjualan-500-dan-Panda
Foto: Brumm Italia

Fiat Group melansir telah mengeluarkan dana sebesar 12.4 juta dolar AS untuk investasi. Ini dilakukan dengan tujuan mengakhiri tahun-tahun kerugian mereka di Italia.

Investasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan lagi bagi Maserati dan Alfa Romeo untuk perubahan. Kesempatan ini dilakukan mengingat perkembangan keduanya yang mengecewakan di Italia. Fiat berencana untuk merevitalisasi jajaran mereka dengan berfokus pada model Panda dan 500.

Profesor manajemen Robert Verganti pun berkomentar. Dalam interviewnya dengan Bloomberg berkata, untuk tetap melanjutkan membangun mobil di Italia, Fiat hanya memiliki satu cara yang memungkinkan. Itu bisa ditempuh dengan cara menaikkan margin penjualan dari varian 500 dan model-model dari Alfa lansirannya.

Keluarga varian 500 akan dipaksa untuk mendominasi pasar. Tidak hanya itu, varian mereka akan diperluas dengan hadirnya crossover 500x yang berbentuk seperti Jeep. Di samping itu, sebuah versi lima pintu akan hadir dalam generasi kedua 500 yang menggantikan hatchback Punto mereka yang populer. Untuk keluarga Panda, akan dikembangkan dengan mengincar konsumen yang berfokus ke budget. Model yang sama akan dikeluarkan, tetapi dengan fitur premium dan teknologi yang sedikit diturunkan. Untuk pemasarannya sendiri Panda tidak akan memasuki Amerika Serikat. Namun, varian 500 akan dipastikan menyeberang Atlantik setelah debutnya di Eropa.

Belakangan ini Fiat terpengaruh oleh keadaan ekonomi Italia yang tidak stabil. Hal tersebut membuat Fiat hanya menjual 47 persen mobil di Eropa pada 2012 jika dibandingkan dengan penjualan pada 2009. Sebuah statistik yang membuat para eksekutif dan pemegang saham khawatir. Analis memprediksikan Fiat akan kembali sehat dan menguntungkan jika mereka sukses dalam mengimplementasikan rencana pemulihan yang telah dibuat. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

 

Tinggalkan Balasan