Mercedes-Benz Bakal Rilis Mobil Hidrogen di 2017

mobkom-image-2017-mercedes-benz-akan-luncurkan-kendaraan-hidrogen
F cell MErcedes-BEnz
foto: Daimler

Mercedes-Benz diam-diam telah melansir akan meluncurkan varian baru di 2017. Tidak tanggung-tanggung, mobil mini itu akan ditenagai oleh sebuah penggerak elektrik dengan bahan bakar hidrogen.

B-Class F-Cell begitulah mobil itu dinamai. Mobil ini ditenagai oleh sebuah penggerak baru yang dikembangkan bersama-sama oleh Daimler, Renault-Nissan, dan Ford. Sebuah bahan bakar sel akan dimuat di bawah tempat duduk penumpang sebagai sebuah sumber tenaga. Dalam hal ini kelistrikan akan didapat ketika hidrogen dan oksigen bertemu dan  akan disalurkan ke motor listrik yang terdapat di gardan depan.

Mercedes-Benz sendiri masih bergelut dengan penggerak tersebut berdasarkan data-data mereka. Data tersebut dikumpulan dari sebuah armada dari 300 B-class F-cell eksperimental yang telah diuji coba selama setahun di segala penjuru dunia. Setidaknya sekitar 70 mobil ujicoba yang berada di Amerika Serikat telah menempuh sekitar satu juta mil dalam tiga tahun terakhir. Jarak tersebut dalam sebuah perbandingan bahan bakar dapat mengemat sekitar 30 ribu galon bensin.

Mercedes-Benz bukanlah perusahan yang pertama dalam mengembangkan teknologi ini. Toyota sebelumnya berkerja berbarengan dengan BMW untuk meluncurkan mobil bertenaga hidrogen untuk 2015. Sementara Hyundai sedang sibuk dalam merancang evolusi dari penggerak yang ada dalam ix35 Fuel Cell. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan