Scania AB Kembangkan Sistem Armada Truk di Eropa

Mobkom-Image-Scania-AB-Kembangkan-Sistem-Armada-Truk-di-Eropa
Mobkom-Image-Scania-AB-Kembangkan-Sistem-Armada-Truk-di-Eropa
Foto: Ilustrasi/Dedi Sofyan

Produsen kendaraan komersial asal Swedia, Scania AB, akan mengambil peran utama dalam tiga tahun proyek penelitian di Eropa untuk mengembangkan sistem implementasi armada truk di jalan. Scania memperkenalkan sistem armada truk tersebut di jalan-jalan Eropa, agar secara signifikan dapat memberikan kontribusi dalam mengurangi jejak karbon.

Hal ini sejalan dengan keputusan Uni Eropa, yang telah menetapkan pengurangan gas rumah kaca akibat emisi gas buang sebesar 20 persen pada tahun 2020. Kontribusi kendaraan berat seperti truk saat ini mencapai 17 persen dari total cemaran emisi CO2.

Melalui proyek tersebut, yang didanai oleh Program Tujuh Kerangka Uni Eropa, Scania akan mengidentifikasi cara menerapkan konsep armada truk dalam praktek operasional transportasi sehari-hari.

Proyek ini juga melibatkan Volkswagen Group Research, Stockholm Royal Institute of Technology, Oldenburger Institut für Informatik di Jerman, IDIADA Teknologi Otomotif di Spanyol, Science Corporation di Belanda dan perusahaan pengangkutan Spanyol Transportes Cerezuela.

Diungkapkan Sven Ake Edstrom, Wakil Presiden Senior Pengembangan Truk Scania, mereka berharap proyek ini akan meningkatkan kesadaran tentang pengurangan emisi karbon di Eropa. “Implementasi armada truk ini memerlukan sistem pendukung standar serta tindakan legislatif yang akan diklarifikasi dalam proyek tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, nantinya tergantung pada tugas transportasi, perusahaan pengangkutan akan mengidentifikasi rute yang optimal berkaitan dengan konsumsi bahan bakar. Melalui sistem yang terintegrasi, pengemudi juga akan menerima informasi tentang di mana mereka dapat bergabung dan meninggalkan armadanya. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan