Suzuki Kenalkan Mesin Turbocharged Dual Jet

Mobkom-Image-Suzuki-Kenalkan-Mesin-Turbocharged-Dual-Jet
Mobkom-Image-Suzuki-Kenalkan-Mesin-Turbocharged-Dual-Jet
Foto: MotorBeam

Suzuki baru-baru ini menyatakan telah mengembangkan mesin bensin turbocharged. Mesin tersebut akan diaplikasikan  pada varian semisal Suzuki Swift dan S -Cross Crossover model 2017. Berdasarkan info, Suzuki juga mengaplikasikan teknologi dual jet di mesin tersebut.

Teknologi dual jet ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan teknologi injeksi langsung. Bahan bakar disuplai ke dua port intake per-silinder, bukan hanya satu port, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sistem penyempurnaan energi pengereman juga digunakan. Pada dasarnya, energi kinetik dari pergerakan kendaraan diubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam dua baterai lithium ion kompak untuk kemudian digunakan kembali. Fitur start-stop otomatis juga dikembangkan, sehingga efisiensi bahan bakar terjaga.

Mesin turbocharged dual jet ini akan menjadi jantung bagi kendaraan yang akan diluncurkan oleh Suzuki pada tahun 2016. Mesin ini akan diproduksi di Jepang dan diekspor ke Hongaria untuk perakitan mobil Eropa. Mesin turbocharged juga diproduksi di pabrik Changan, China. Di pasar otomotif India, pelkuncuran mesin ini akan menghasilkan peningkatan penjualan untuk varian-varian populer, karena menawarkan kinerja yang lebih baik pada kendaraan. (DD)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan