Tahun ini VW Taklukkan GM di China

Mobkom-Image-Tahun-ini-VW-Taklukkan-GM-di-China
Mobkom-Image-Tahun-ini-VW-Taklukkan-GM-di-China
Foto: Ilustrasi/Leftlane News

General Motors (GM) tampaknya akan menyerahkan predikat sebagai produsen mobil asing terlaris di China kepada Volkswagen (VW) tahun ini. Hal tersebut menandai untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun bahwa produsen mobil asal Detroit tersebut gagal menduduki puncak penjualan di pasar mobil terbesar dunia.

GM sempat memimpin penjualan dengan menang tipis atas VW pada pertengahan tahun ini, dengan menjual 1,57 juta unit kendaraan, dibandingkan dengan penjualan VW yang hanya menjual 1,54 juta unit kendaraan. Namun, VW berhasil melaju ke depan dengan menjual 70 ribu unit kendaraan pada akhir November.

“China adalah medan pertempuran besar,” papar Klaus Paur, kepala peneliti pasar otomotif Ipsos yang berbasis di Shanghai. Ia menambahkan,  pada saat yang sama, ada risiko ketergantungan yang berlebihan pada pasar China. Walau selama ini semua bekerja dengan baik, namun resiko dalam bisnis tetap selalu ada.

Risiko tersebut meliputi investasi yang besar dari kedua produsen mobil tersebut. GM akan menghabiskan 11 miliar dolar AS untuk meningkatkan operasi di China selama tiga tahun ke depan, sementara VW telah bersumpah untuk berinvestasi  12,8 miliar dolar AS di pasar mobil terbesar di dunia tersebut pada tahun 2015.

Berdasarkan data, China berada pada akselerasi tertinggi sebagai pasar kendaraan. Negara ini menjadi negara pertama yang mampu mencatatkan 20 juta penjualan kendaraan per-tahun. Para analis otomotif malah memprediksi penjualan kendaraan di China mampu mencapai 32 juta unit pada tahun 2020. (ATN)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan