Toyota 2000GT, Pembuktian Supercar Jepang

Mobkom-Image-Toyota-2000GT,-Pembuktian-Supercar-Jepang
Mobkom-Image-Toyota-2000GT,-Pembuktian-Supercar-Jepang
Foto: Istimewa

Sebuah mobil dapat menjadi sebuah saksi sejarah. Hal tersebut terlihat dari model-model eksklusif yang menjadi sebuah pencapaian dari kemajuan teknologi. Maka sambutlah sebuah ikon pembuktian dari supercar Jepang, Toyota 2000GT.

Toyota 2000GT adalah sebuah pencapaian dalam teknologi otomotif di Jepang. Mobil ini dilabeli sebagai supercar Jepang pertama yang dianggap pantas. Sebelumnya sejarah mencatatkan Jepang adalah sebuah negara yang lekat dengan imej peniru dan tidak sanggup membuat sebuah mobil super. Dan revolusi dimulai dengan lahirnya 2000GT.

Coupe ini menunjukan jika kekuatan Jepang sanggup disandingkan dengan mobil-mobil Eropa. Sambutan media pun seirama dengan itu. Bahkan majalah Road& Track menulis 2000GT sanggup dikomparasikan dengan varian 911 milik Porsche. Sebuah pencapaian yang luar biasa bagi industri otomotif Jepang.

Legenda ini sebenarnya sudah memulai debutnya di Tokyo Motor Show 1965. Sayangnya untuk penyelesaiannya harus memakan waktu dua tahun untuk bisa sampai ke tangan para pembeli. Jadilah GT klasik ini satu dari 351 mobil model produksi lansiran tahun 1967 sampai 1970.

Berbicara soal desain, banyak perdebatan tentang 2000GT. Dipercaya Albrecht Goertz sang arsitek dari BMW 507 yang menelurkan mobil ini. Di lain pihak banyak yang berpendapat sang desainer Toyota, Satoru Nozaki adalah orang yang harusnya diberi penghargaan tersebut.

Terlepas dari perdebatan itu, sudah nampak terlihat jelas 2000GT mendapat pengaruh yang kuat dari E-Type Coupe. Model legendaris Jaguar tersebut meberikan sebuah lekuk aerodinamis khas sebuah coupe balap di jamannya. Sedangkan dibawah kap sendiri sebuah mesin modif diusung. Sebuah straight-six twin cam 2 liter yang ada pada Toyota Crown telah disetting ulang oleh Yamaha sebagai perwujudan akan performa balap. Hal tersebut terlihat dari tenaga besar yang disalurkan ke roda depan lewat transmisi manual lima kecepatan.

Sekarang mobil ini menjadi sebuah koleksi yang membanggakan bagi para pecinta otomotif. Dilabeli sebagai leluhur dari supercar mobil ini tergolong superlangka dan susah untuk dicari. Sebuah pelelangan di Amerika Serikat sempat mencatatkan sebuah angka yang fantastis untuk membawanya pulang. Tercatat sekitar 1.200.000 dolar AS telah dibayarkan untuk menebus sebuah 2000GT. Masih berminat? (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan