C-Max Energi Concept Suguhkan Pengisian Mandiri

Mobkom-Image-C-Max-Energy-Concept-Suguhkan-Pengisian-Mandiri
Mobkom-Image-C-Max-Energy-Concept-Suguhkan-Pengisian-Mandiri
Foto: Hot Hardware

Awal tahun ini Ford sudah menggebrak dengan inovasi terbaru. Masih dalam tren hijau, Ford akan melansir sebuah konsep hybrid C-Max dengan sebuah baterai pak istimewa. Dinamai C-Max Solar Energi Concept, mobil ini dapat mengisi baterainya secara mandiri dengan bantuan solar panel di atasnya.

Ford sendiri telah melansir debut dari C-max Solar Energi Concept akan dimulai di International CES, minggu depan. Bertempat di Las Vegas, konsep tersebut akan menampilkan keunggulan dari solar panel yang termuat di atasnya yang dapat mengisi sendiri batrei paknya. Bagaimanapun, sebuah solar panel belum mumpuni untuk menyediakan kelistrikan yang cukup untuk mengisi penuh baterai dari C-Max.

Demi hal itu, Ford berkerja sama dengan Georgia Institute of Technology untuk membuat sebuah konsentrator khusus yang dapat menyalurkan cahaya matahari yang terkonsentrasi ke panel di atap mobil. Konsentrator ini sendiri adalah sebuah unit mandiri yang berbentuk sebuah garasi mini, tapi jangan khawatir, karena Ford telah menjanjikan sebuah keringanan biaya untuk unit tersebut.

Untuk waktunya pengisian,Ford belum memberitahu pastinya. Tetapi sang pabrikan yang berbasis Dearborn itu berkata, sehari yang penuh cahaya matahari sudah setara dengan pengisian secara standar selama 4 jam. Cukup biarkan mobil duduk lama di bawah sinar matahari, maka batrei pak C-Max akan dapat terisi penuh 100 persen, klaim sang pabrikan.

Walaupun C-max Solar Energi masih sebuah konsep Ford akan benar-benar menanggapi serius varian ini. Untuk itu Ford akan melakukan sebuah tes di dunia nyata dengan Georgia Tech untuk menentukan kelayakan produksi untuk teknologi itu. Ford yakin bahwa teknologi ini akan dapat mendukung penuh penerapan kendaraan hybrid plugin di area yang belum ada stasiun pengisian elektrik. (MOS)

Editor: Anton Ryadie

Tinggalkan Balasan