Hamburg Akan Melarang Mobil di 2034

Foto: Ninalex

Pemerintah kota Hamburg di Jerman telah mengumumkan akan melarang semua mobil untuk memasuki pusat kota di tahun 2034. Pelarangan ini diadakan dengan tujuan mengurangi emisi rumah kaca.

Penerapan pelarangan mobil ini adalah sebuah langkah awal dari apa yang dinamakan Grüne Netz (Jaringan Hijau) oleh pemerintah Hamburg. Rencana pengembangan ambisius itu dibuat dengan  tujuan mengganti beberapa jalan utama dengan ruang hijau yang akan memberikan kesempatan penduduk untuk melakukan kegiatan luar ruangan. Kegiatan-kegiatan seperti hiking, berenang dan piknik ditengah kota tidak akan mustahil untuk dilakukan di tengah kota. Ruang hijau juga akan terkoneksi dan akan memanjang dari pusat kota sampai batas luar kota. Direncanakan akan ada sekitar 17.000 hektar dan 40-persen dari total area di Hamburg.

Sebuah rencana yang sangat kontroversial telah dilakukan kota terbesar kedua di Jerman ini tetapi para politikus meminta para penduduknya untuk mendukungnya. “penduduk kita cukup progresif. Banyak Hamburgers (warga Hamburg) bersedia untuk memberikan mobilnya, yang mana sangat jarang terjadi di Jerman.” ujar Jens Kerstan, pemimpin dari Green Party Hamburg.

Sekarang sebanyak 30 perancang sedang bekerja untuk mewujudkan rencana tersebut menjadi kenyataan. Para otoritas berharap Jaringan Hijau akan mengurangi efek dari pemanasan global. Hamburg adalah sebuah kota yang terletak tepat di kanan Laut Utara dan telah menjadi saksi naiknya air laut hinga enam inci dalam kurun enam puluh tahun terakhir. Disamping itu nantinya para penduduk akan menjadi lebih sehat dengan menggunakan sepeda atau berbagai macam transportasi publik yang ramah lingkungan lainnya. (MOS)

 

Editor: Amozy Audrey

Tinggalkan Balasan