Honda 3D Design Archives Manjakan Pehobi Replika

mobkom-image-Honda-3D-Design-Archives-Manjakan-Penghobi-Replika
mobkom-image-Honda-3D-Design-Archives-Manjakan-Penghobi-Replika
Foto: Honda 3D

Sebuah website baru telah diluncurkan Honda untuk mendukung tren baru di 2013, yakni 3D Printing. Dinamakan Honda 3D Design Archives, pabrikan ini menyuguhkan data-data konsep untuk secara bebas diunduh. Dengan data ini para penghobi dapat membuat replika konsep dengan skala yang lebih kecil.

“Karena inovasi teknologi terbaru dan pengenalan akan printer rumah tangga yang terjangkau, seni dari manufaktur telah mengalami perubahan yang fundamental,” ujar  Honda. “Untuk mengikutinya Honda mendesain proyek ini sebagai sebuah jembatan baru antara manufktur dengan penggunanya.”

Dalam websitenya yang bernama Honda-3d.com, Honda 3D Design Archives menghadirkan banyak pilihan data yang dapat diunduh oleh para penghobi. Termasuk di antaranya yang paling baru NSX concept diikuti oleh The FSR sampai dengan the Fuya-Jo dan the Puyo yang sedikit gila. Paket unduhannya sendiri menyediakan file berformat STL yang sudah cukup dikenal sebagai format untuk 3D printing dengan pilihan resolusi tinggi ataupun rendah.

Dulu 3D printing yang hanya sempat dikenal di lingkungan laboratorium dan komersial, sekarang telah bertumbuh menjadi sebuah segmen hobi yang baru. Untungnya materi dan perangkatnya juga mengikuti dengan peningkatan kualitas dan turunnya harga. Untuk printer rumahan bisanya menggunakan filamen plastik dengan teknik manufakturing adiktif untuk membuat model 3D yang kecil. (MOS)

Editor: Amozy Audrey

Tinggalkan Balasan