Polisi Bocorkan Ban Mobil di Kabul

Mobkom-Image-Polisi-Bocorkan-Ban-Mobil-di-Kabul
mobkom-image-Polisi-Bocorkan-Ban-Mobil-di-Kabul
Foto: NPR

Sebuah aksi unik dilakukan oleh dinas polisi Afghanistan di ibukota Kabul untuk mencegah tindakan kejahatan. Cara alternatif tersebut yaitu mereka membocorkan ban mobil di pinggir jalan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal.

Tidak jelas atas dasar apa polisi membocorkan ban mobil di Kabul, tetapi inovasi ini sungguh sebuah cara yang tidak masuk akal. Pola pembocoran ban mobil terjadi secara acak dan kerap sekali terjadi salah sasaran. Contohnya adalah seorang reporter NPR yang dibocorkan bannya ketika bertugas di sana.

Bisa dibayangkan paniknya para warga negara baik dan tak bersalah ketika harus membeli ban yang baru akibat tindakan polisi tersebut. Ketika mengklaim dan memberikan komplain, pihak kepolisian selalu punya jawaban. Mereka melansir telah memberikan pengumuman sebelum aksi pembocoran tersebut. Dan dari sikap itulah polisi terlihat tidak  menyesal dan terus melanjutkan tindakan mereka.

Bagi yang beruntung beberapa polisi tidak membocorkan ban mobil mereka dengan cara menikamnya. Mereka hanya membuang udara keluar dari ban. Walaupun dilandasi dengan alasan keamanan karena maraknya bom mobil tetapi cara ini terbilang cukup tidak masuk akal sebagai sebuah tindakan preventif. Adakah yang setuju? (MOS)

Editor: Amozy Audrey

Hits: 78

Tinggalkan Balasan