Tesla Rencanakan Bangun Pabrik di China

mobkom-image-Tesla-rencanakan-bangun-pabrik-di-China
mobkom-image-Tesla-rencanakan-bangun-pabrik-di-China
Foto: LeftLane News

Tesla Motors ungkapkan salah satu rencana besarnya mengenai ekspansi luar negeri. Tesla rencanakan bangun pabrik di China untuk rencana perluasan produksinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Elon Musk, sang pendiri sekaligus CEO Tesla Motors. Musk berujar Tesla rencanakan bangun pabrik di China adalah sebuah hal yang tidak usah dipertanyakan.

“Ini bisa besar layaknya pasar Amerika Serikat, mungkin dapat lebih besar,” ujar Musk perihal pasar China. Amerika Serikat memang menjadi pasar tunggal terbesar bagi Tesla untuk saat ini tetapi Musk melihat China memiliki potensi maju selepas 2015.

Tetapi mengenai harapan tersebut Musk tidak mau menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi.

“Saya tidak ingin terlalu senang tentang hal ini.”

Menjawab tentang permintaan yang tinggi, Tesla berujar China akan adalah pioneer untuk menjadi pusat produksi pertama dari Tesla. Untuk produksi luar negerinya yaitu sedan Model S Tesla hanya mengekspor varian tersebut dari pabriknya di California.

“Tidak ada argumen untuk menjadikan China pabrik besar kita di luar Amerika Serikat,” papar Musk kepada Bloomberg.

Di samping memenuhi permintaan lokal pabrik China juga akan memotong harga dari kendaraan Tesla. Tesla Motors pernah melansir tarif impor dan transportasi adalah penyebab utama sedan Model S menjadi mahal. Perbandingannnya adalaha harga Model S di China hampir 50 persen lebih mahal daripada di China. Dengan adanya pabrik baru ini harga kendaraan Tesla di China akan menjadi lebih murah.

Sementara masih berupa wacana yang pasti, Musk masih belum berujar perihal rentang waktu pembangunan pabrik baru di China. Yang pasti Tesla sedang berusaha keras mengarah ke tujuan tersebut. (MOS)

Editor: Amozy Audrey

Tinggalkan Balasan