Pemerintah Kanada Lakukan Tes Pengemudi Lansia

Mobkom-Image-Pemerintah Kanada Lakukan Tes Baru Untuk Driver Tua
Mobkom-Image-Pemerintah Kanada Lakukan Tes Baru Untuk Driver Tua
Foto : Leftlane News

Kementerian Transportasi Kanada di Ontario telah mengumumkan penilaian tes kendaraan untuk lansia atau orang lanjut usia. Aturan baru ini akan mempengaruhi pengemudi yang usianya bekisar 80 tahun dan lebih, untuk menyelesaikan tes visi, catatan sopir review, sesi kelompok pendidikan dan latihan screening di kelas, sebelum memperbarui lisensi mereka.

Susan Eng, selaku kelompok advokasi CARP senior, mengungkapkan latihan ini meliputi tes gambar yang meminta pengemudi untuk menarik jarum jam pada 11:10, dan untuk mencoret huruf “H” setiap kali muncul dalam deretan huruf acak. Pendekatan ini dikatakan menggunakan metode berbasis bukti untuk menguji kemampuan mengemudi dengan aman.

Seperti yang diharapkan, tidak semua orang mendukung program penilaian yang telah direvisi. Namun latihan baru ini telah menggantikan tes pengetahuan tertulis sederhana yang juga kontroversial, yang menyebabkan kekhawatiran meningkat karena kecelakaan yang disebabkan oleh para pengemudi lansia yang mungkin tidak lagi memenuhi standar.

“Kami akan melakukan perubahan ini untuk membantu orang-orang yang sudah lanjut usia di jalan secara aman dengan proses pembaharuan yang lebih efisien, sekaligus melarang pengemudi yang telah lesu ketika sedang mengemudikan kendaraanya,” ungkap Menteri Perhubungan Kanada, Glen Murray. Rencananya, aturan baru ini akam mulai berlaku pada tanggal 21 April 2014. (DD)

Editor: Dedi Sofyan

Tinggalkan Balasan