Toyota Hentikan Produksi Mobil di Venezuela

mobkom-image-februari-2014-penjualan-toyota-astra-motor-naik-9,4-%
Mobkom-Image-Toyota Hentikan Produksi Mobil di Venezuela
Foto : Dedi Sofyan

Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota memutuskan, untuk menghentikan produksi mobil di Venezuela dari tanggal 13 Februari 2014.

Hal tersebut terjadi karena Amerika Selatan kini tengah mengalami masalah besar dengan kekurangan mata uang dan merosotnya  penjualan mobil.

Seperti dilansir Inautonews, juru bicara Toyota, Shino Yamada mengungkapkan, masalah sebenarnya yang memicu berhentinya produksi dikarenakan penundaan dalam menerima suku cadang.

Di tempat terpisah, Henkel Garcia, direktur konsultasi Caracas Econometrica mengungkapkan, Toyota hanya mampu menjual 225 unit mobil pada bulan Januari atau sekitar sepertiga dari total penjualan negara itu. Sedangkan, Ford mampu menjual dua mobil dalam waktu yang sama.

“Sistem devisa benar-benar lumpuh, dan mereka tidak akan memberikan dolar untuk mengimpor makanan dan obat-obatan, apalagi menetapkan dolar untuk bagian importir mobil,” ujarnya.

Hal yang hampir senanda juga diungkapkan Ford Chief Operating Officer Mark Fields. Dikemukakannya bulan lalu pihaknya memutuskan untuk mengurangi produksi di Venezuela sebagai ketersediaan atas mata uang Amerika Serikat yang membuat hampir tidak mungkin untuk membayar pemasok. Mobil keluaran di Venezuela akan tetap dekat dengan tingkat kuartal keempat, ketika produksi mobil berkurang sebesar 75 persen dari tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, dari sebuah laporan pada bulan Januari penjualan mobil di Venezuela mencapai 722 unit kendaraan atau jatuh tajam sebesar 87 persen dari tahun lalu.(DD)

Editor : Edwardson

Tinggalkan Balasan