Penggunaan Ponsel Selama Berkendara Diperbolehkan?

mobkom-image-penggunaan-ponsel-selama-berkendara-diperbolehkan-?

mobkom-image-penggunaan-ponsel-selama-berkendara-diperbolehkan-?Pengadilan California mengeluarkan aturan dalam memperbolehkan penggunaan perangkat elektronik selama berkendara untuk melihat peta.

Seperti dikutip dari Leftlane News, hal tersebut didasari interpretasi yang telah beredar perihal hukum negara bagian yang melarang penggunaan ponsel selagi berkendara.

Sebelumnya, sempat beredar rumors kasus tersebut terangkat ke publik ketika Steven Spriggs yang tertangkap di California karena menggunakan iPhone untuk melihat peta pada saat kemacetan.

Kala itu, seorang petugas memberikan denda padanya karena menganggap hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran hukum. Alhasil Spriggs didenda sebesar 165 dolar AS.

Pasca terjadi hal itu, para hakim di California akhirnya menilik kembali kasus tersebut. Dan yang menjadi argumentasi terdapat pada hukum yang menerangkan tentang “mendengarkan dan berbicara” kepada ponsel ketika berkendara.

“Jikalau kejadian tersebut diakui sebagai pelanggaran maka akan menjadi sebuah kecenderungan untuk menganggap semua yang melihat layar telepon selagi berkendara adalah sebuah kejahatan,” ujar salah satu hakim yang enggan disebutkan namanya.

Di lain tempat banyak negara bagian yang mempunyai peraturan yang melarang mengirimkan sms dan berbicara selagi berkendara, kecuali memiliki perangkat hands-free.

Namun, banyak dari perundang-undangan tersebut dikukuhkan sebelum ponsel dilakukan untuk tujuan yang lain, layaknya sebuah fungsi navigasi didalam mobil.(MOS)

Editor : Edwardson

Tinggalkan Balasan