ADAC : Cabrio Volkswagen Tidak Aman

image-mobkom-adac
image-mobkom-adac
Foto : ADAC

Kemajuan teknologi keamanan tidak 100 persen menjamin kemanan pengemudi. Salah satunya adalah pada model kecil segmen-A  yang merupakan convertibel kompak

ADAC Jerman adalah klub mobil terbesar di Eropa dengan jutaan anggota. Bagi mereka, menjelang musim panas ini adalah waktu yang tepat untuk menguji empat mobil convertibel kompak terlaris di Eropa. Nama-nama tersebut adalah Opel Cascada, Renault Megane CC, Peugeot 308 CC dan Volkswagen Golf Cabriolet.

Seperti dilansir autoevolution, keempatnya melaksanakan uji rollover dengan bantuan ahli dari Technical University of Dresden. Hasil yang didapat pun mengejutkan. Baik Opel Cascada dan Renault Megane CC menerima rating yang cukup baik. Barisan depan kursi menunjukkan perlindungan yang baik dan baris kedua menunjukkan tingkat yang lebih tinggi untuk keamanan penumpang.

Sedangkan pada ujicoba 308 CC menunjukkan hasil yang beragam. Karena tensioner sabuk pengaman yang kurang reaktif, kontak benturan terjadi dengan cepat. Meski begitu, kepala boneka penumpang masih dapat terlindung dengan aman. Bahkan, ADAC memuji bila mobil inilah yang terbaik mempertahankan integritas strukturalnya.

Dan untuk hasil yang paling buruk, ADAC memberikannya kepada Golf Cabriolet. Pilar A dari mobil ini mengalami deformasi berat dan sistem pretensioning sabuk pengaman tergolong lamban saat aktif. Untuk semua mobil modern, sistem inin seharusnya sanggup mengamankan penumpang saat terjadinya kecelakaan.

Dengan ini, apa yang dilakukan Volkswagen? Tidak banyak. Hal ini karena perusahaan memiliki tiga convertible yang berbeda. Baik Golf, Beetle dan Eos tidak ada yang melakukannya aman.

Jika menilik lebih jauh perihal tujuan tes ini, ADAC ingin memperingatkan kepada khayalak luas tentang keamanan model Convertible. Entah varian apapun, 3 dari 4 kepala boneka terbentuk saat dilakukan tes rollover. ADAC merekomendasikan untuk mengatur kursi serendah mungkin, tanpa menghalangi pengelihatan saat berkendara, apapun varian mobil beratap terbuka yang dinaiki. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan