Bermasalah, Puluhan Ribu Chevrolet Ditarik

image-mobkom-chevrolet-ditarik
image-mobkom-chevrolet-ditarik
Foto: trucktrend

General Motors (GM) telah mengeluarkan informasi tentang penarikan kembali 89 ribu lebih unit kendaraan Chevrolet terkait empat isu kesalahan berbeda  pada berbagai varian.

Seperti dilansir Leftlane News, banyak pickup baru yang diluncurkan dengan radio standar yang mana tidak memberikan peringatan audibel saat  kunci masih di slot ketika pintu dibuka. Selain itu peringatan juga tidak terdengar dan berfungsi normal saat sabuk depan tidak dipakai. Masalah ini mempengaruhi varian Chevrolet Silverado LD 2014 dan Silverado HD 2015.

Kesalahan lain terdapat juga pada Chevrolet Camaro, Cruze dan Sonic. Model yang dibangun tahun 2012 ini mendapat cacat pada shorting bar airbag pengemudi, yang gagal mengembang ketika terjadi benturan. Isu kedua ini sebagai tindak lanjut pada kesalahan yang sudah dua kali terjadi.

“GM menyadari satu kecelakaan yang mengakibatkan cedera,setelah mendiagnosa masalah yang relevan, dan baru ditemukan pada saat kendaraan itu diperbaiki,” kata perwakilan Chevrolet.

Ia menambahkan, perusahaan ini menyadari kesakahan lain di mana kantung udara tidak mengembang. Tetapi apakah ini terkait dengan kesalahan pada rancangan awal kendaraan atau ada kesalahan teknis setelah peluncuran tidak ada pernyataan terkait.

Selain itu terdapat pula kesalahan airbag yang terbatas pada sejumlah kecil unit untuk Chevrolet Sparks 2013 – 2014, yang diproduksi di pabrik Korea. Masalah ini bisa mencegah berfungsinya airbag penumpang yang dapat berfungsi normal.

Penarikan terakhir adalah pada sejumlah kecil Chevrolet Corvette 2014, yang mengalami gangguan pada sirkuit pendek internal dalam penginderaan dan modul diagnostik (SDM). Kecacatan tersebut dapat menonaktifkan airbag depan, sabuk pengaman pretensioner dan modul Automatic Occupancy Sensing.

Pengumuman mengejutkan ini membuat rekor jumlah penarikan tertinggi GM dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan