IndySS, Ducati Indiana yang Manis nan Misterius

image-mobkom-ducati-indiana
Foto: Analog Motorcycles

Meski Ducati merupakan merek yang terkenal, namun seri Ducati Indiana ternyata kurang tersohor. Kehadirannya pun tergolong singkat di pasar Eropa, dengan produksi hanya sebanyak 2.300 unit. Diperkenalkan di Milan pada 1985, motor ini debut setahun setelahnya dan tutup usia di 1988. Meski begitu, Ducati Indiana mendapatkan perhatian masif dari para kolektor karena keunikannya di line-up Ducati.

Kini, daya magis Ducati Indiana kembali menarik perhatian modifikator. Analog Motorcycles pun merilik varian Indiana 650 1987  dan melahirkan sebuah karya baru yang dinamakan IndySS.

Seperti dilansir autoevolution, IndySS adalah sebuah motor yang ajaib yang dibalut dengan performa apik. Penampilan pun tidak lagi sama. Alasannya adalah subframe belakangnya dihapus total, diganti dengan model belakang yang lebih nyaman hasil buatan sendiri.

image-mobkom-ducati-indiana
Foto: Analog Motorcycles

Selain itu pelapis jok pun didesain dengan grafis yang unik. Semuanya terintegrasi sempurna dengan bagian depan berlapis kulit, hasil karya Analog.

Performa mesinnya mendapat perbaikan yang solid di Ducati Milwaukee, dengan peningkatan untuk membangun kembali karburatornya. Sebelum disatukan kembali, ditambahkan krom yang membuat bodi terlihat manis dengan warna hitam.

Rangka yang lain pun mendapatkan sentuhan yang sama. Sistem pengapiannya juga diatur sedemikian rupa sehingga membuat konsumsi bahan bakarnya seimbang. Analog Sepeda Motor juga memasang pengukur keseimbangan antara kepala dan ekor lampu, dan sinyal elektonik untuk jangkauan perjalanan.

image-mobkom-ducati-indiana
Foto: Analog Motorcycles

Untuk tampilan yang konsisten, bodi motor mendapat sentuhan garis racing dan cat Auto Crown. Master Magura dan Hel diganti dengan OEM. Bawaan clip-ons diinstal pada 1 Frekuensi-rendah 2,5 cm.

Sok Gazi pun diangkat 5 cm untuk menjaga tampilan. IndySS  juga mendapat roda baru dengan balutan ban Dunlop berkualifikasi tinggi untuk berbagai medan.

Dengan semua yang dimilikinya, perubahan generasi Ducati Indiana yang misterius menjadi IndySS merupakan sebuah transisi yang manis. Sebuah kendaraan yang nyaman saat menemani perjalanan disertai dengan desain yang indah. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan