Lebih Hijau dengan Ampas Kopi

image-mobkom-ampas-kopi
image-mobkom-ampas-kopi
Foto: Ronan Glon

Peneliti di universitas Bath di Inggris telah menemukan sebuah fakta bila ampas kopi dapat diubah menjadi biofuel (bahan bakar hijau), yang mampu untuk menggerakkan mobil berbahan bakar konvensional.

Dengan menarik minyak yang terkandung dari 9,9 kilogram ampas kopi menggunakan pelarut organik, dapat dimungkinkan untuk memproduksi satu gallon biofuel. Meski 9,9 kilogram terdengar cukup banyak, namun itu adalah jumlah ampas yang dibuang setiap hari oleh industri kopi nasional.

Selain itu, ampas kopi juga lebih ramah lingkungan daripada material lain untuk digunakan sebagai biofuel. “Minyaknya memiliki kandungan yang sama untuk digunakan sebagai biofuel. Namun, sebagaimana yang lain dibuat khusus untuk memproduksi biofuel, ampas kopi hanyalah sisa-sisa yang tidak berguna,” papar salah satu peneliti di proyek, Chris Chuck, dikutip dari LeftLane News.

Lebih lanjutnya, tim berhasil membuat biofuel dari ampas kopi yang bersumber pada lebih dari 20 region di seluruh dunia. Mereka juga menemukan bila mesin berpembakaran dalam dapat berjalan dengan kopi reguler atau decaf. Namun mereka masih belum menemukan efek dari kopi pada mesin bila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Peneliti sendiri sudah mewanti-wanti bila kopi bukanlah sebuah material yang dapat diandalkan dalam industri di masa depan. Meski begitu, perusahaan seperti Starbucks dapat menggunakan sisa-sisa ampas mereka untuk menggerakkan armada kendaraan pengiriman. (MOS)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan