BMW Sedang Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai

image-mobkom-BMW-Sedang-Kembangkan-Teknologi-Pengisian-Baterai
image-mobkom-BMW Sedang Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai
Foto : Carscoops

Jerman, MobilKomersial.com- Produsen mobil mewah asal Jerman, BMW, mengumumkan sedang mengembangkan sistem untuk pengisian induktif baterai tegangan tinggi dari kedua varian yakni model BMW i dan model plug-in untuk masa depan.

Pihak BMW yakin dengan adanya pengisian baterai yang akan dikembangkan. Sebab, keuntungan utama dari power supply induktif atas stasiun pengisian konvensional adalah koneksi kabel bebas antara titik suplai dan baterai kendaraan. Dalam rangka untuk membuat biaya teknologi yang efektif, BMW Group dan Daimler AG telah menandatangani perjanjian pengembangan bersama dengan implementasi teknologi standar untuk pengisian induktif mobil listrik dan plug-in kendaraan hybrid.

Sistem ini terdiri dari dua komponen yaitu sebuah kumparan sekunder di lantai kendaraan serta pelat dasar dengan kumparan primer integral yang terletak di bawah mobil, misalnya di lantai garasi.

Selain itu, energi listrik ditransmisikan bebas kontak melalui medan magnet yang telah dihasilkan antara kumparan, tanpa pengisian kabel dan pada tingkat pengisian dari 3,6 kW. BMW mengatakan metode ini memiliki faktor efisiensi lebih dari 90 persen.

Tujuan lain adalah untuk meminimalkan waktu pengisian. Pada tingkat pengisian arus dari 3,6 kilowatt, tegangan baterai yang tinggi untuk kendaraan plug-in, hybrid yang dapat terisi secara penuh dalam waktu kurang dari tiga jam. Namun untuk pegisian dari sebuah stasiun pengisian induktif dibutuhkan kurang dari dua jam untuk mengisi model BMW i8. (DD)

Editor: Dedi Sofyan

Tinggalkan Balasan