Mazda2 Akan Gunakan Mesin Rotari?

image-mobkom-mazda2
Image-Leftlane-Mazda2
Foto : Mazda Australia

Australia, MobilKomersial.com– Mesin rotari dalam perkembangan dunia otomotif sudah ditinggalkan. Tetapi jika kembali melihat efisiensi yang fokus pada perannya, sistem mesin ini masih menarik bagi pabrikan untuk sebuah inovasi baru yang unik.

Maka tidak heran bila salah satu penggiat mesin rotari terkemuka, Mazda, melirik lagi penggunaan mesin tersebut. Menurut sebuah laporan dari Motoring Australia, pabrikan Jepang tersebut akan meluncurkan sebuah varian mesin plug-in hybrid yang menggunakan rotari kecil sebagai salah satu pilihan mesin bagi Mazda2.

image-mobkom-mazda2

Meski rincian tentang mesin Wankel terbaru itu belum diungkap, namun spekulasi-spekulasi gencar berhembus. Ada yang memprediksi bila rotari tersebut merupakan evolusi dari single-rotor berkapasitas 330cc yang digunakan sebagai range-extender dalam versi listrik Mazda2 yang tengah diujicoba saat ini.

Managing Director Mazda Australia, Martin Benders, menyatakan bila Mazda2 rotari-hybrid hanya akan ditawarkan pada pasar dimana pemerintah memberikan subsidi untuk pembuatan kendaraan listrik. “Satu-satunya pasar di mana kita dapat dibenarkan membawa sesuatu dalam volume yang wajar sebagai model untuk dijual adalah pasar dimana model tersebut mendapat dukungan dari pemerintah,” jelasnya.

Menilik kondisi Australia saat ini, Mazda terkesan mengesampingkan penjualan di negeri kanguru tersebut bila strategi itu dijalankan. Namun bagi pasar AS, penawaran mesin hybrid rotari sangat-sangatlah cukup masuk akal.

“Saat ini, satu-satunya mesin rotari yang dikonfirmasi untuk pasar AS adalah Mazda2 bermesin SkyActiv empat-silinder 1.5-liter. Mesin ini mampu menghasilkan 100 tenagakuda pada torsi 111 lb-ft.” pungkasnya. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan