Kawasaki Ninja ZX-14R Edisi Ultah 30

image-mobkom-kawasaki-ninja-zx-14r-edisi-ultah-30
image-mobkom-kawasaki-ninja-zx-14r-edisi-ultah-30
Foto : Kawasaki

Tokyo, MobilKomersial.com – 30 tahun setelah menelurkan produk inovatif revolusioner berjuluk Kawasaki Ninja 900 pada tahun 1984, yang sekaligus menjadi tonggak sejarah kelahiran motor sport Kawasaki, perusahaan multinasional yang bermarkas di Minato, Tokyo, Jepang ini akan meluncurkan varian Ninja 2015 edisi ultah (ulang tahun) 30, Ninja ZX-14R 30th Anniversary Limited edition.

Lantaran menjadi produk edisi terbatas, seperti dikutip dari MotorBeam.com, Ninja ZX-14R ini hanya diproduksi sebanyak 300 unit dan tersedia dalam dua pilihan warna, Red Metalic dan Graystone.

Kawasaki Jepang tetap mempertahankan garis tegas nuansa emas pada model Ninja terbaru ini. Kedua sisi pada fairing melekat logo bertuliskan 30th Anniversary, dan pada tangki bahan bakarnya terdapat peneng bernomer tertentu.

Secara teknis memang tidak ada perubahan signifikan pada ZX-14R, lantaran masih mempercayakan mesin 1.441 cc empat silinder segaris. Sebab karakter mesin ini diklaim sebagai mesin superbike paling kuat yang diproduksi oleh Kawasaki. Khusus untuk model terbaru ZX series dari Ninja ini, Kawasaki sudah menyediakan sistem jet piston yang memiliki semprotan pendingin pelumas di bagian bawah masing-masing piston.

Edisi terbatas ini juga dilengkapi fitur keamanan seperti ABS, serta sistem kontrol traksi KTRC dengan tiga mode berbeda. Kawasaki ZX-14R juga hadir dengan high-flow exhaust system, di mana aliran udara disalurkan menuju knalpot dengan bantuan sirkulasi udara tekanan tinggi di silinder dan cylinder head. Motor jenis sport ini juga dilengkapi saluran pendorong udara terpusat, guna mengarahkan aliran udara dari depan fairing ke mesin. Sehingga pendinginan dapat lebih maksimal dan membantu menghasilkan power maksimum.

Sistem suplai bahan bakarnya dibekali teknologi DFI (Digital Fuel Injection) dengan dual-mode pengapian digital. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menggunakan setingan dengan dua pilihan mapping yang tersedia. Setingan pertama dapat disetel untuk memberikan kekuatan penuh, sementara mapping kedua untuk menghasilkan 75 persen dari output tenaga besarnya.

Sayangnya, sebagian besar unit ZX-14R edisi terbatas ini akan dijual di Amerika Serikat dan Amerika Latin, sementara 30 unit dijatahkan untuk pasar Kanada. Kemungkinan superbike ini juga akan menyambangi India, lantas di Indonesia? Kita lihat saja respon dari PT Kawasaki Motor Indonesia selaku pemegang merek dagang motor Kawasaki di Tanah Air. (LCO)

Tinggalkan Balasan