Setengah Tahun, Kuba Hanya Mampu Jual 50 Mobil Baru

image-MobKom-Kuba Hanya Mampu Jual 50 Mobil Baru di Kuartal I
image-MobKom-Kuba Hanya Mampu Jual 50 Mobil Baru di Kuartal I
Foto : Leftlane News

Kuba, MobilKomersial.com – Hampir selama lima dekade terakhir ini, Kuba tidak memiliki akses untuk merek kendaraan baru. Namun untuk pertama kalinya, pada bulan januari, ada peraturan baru di Kuba untuk membuka penjualan mobill baru di negara ini.

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memungkinkan  warga menggantikan mobil tua 1950-an asal Amerika mereka dengan merek mobil baru. Meski demikian, pengaruh undang-undang baru tersebut tidak signifikan. tercatat dari 11 dealer, hanya 50 mobil dan empat sepeda motor yang terjual, selama pertengahan tahun 2014.

Namun, angka tersebut bukanlah karena kurangnya permintaan. Sebaliknya, hal tersebut dikarenakan rakyat Kuba kaget dengan lonjakan harga.

Seperti dilansir Reuters, total dari penjualan mobil tersebut mencakup angka 1,28 juta dolar AS, dengan rata-rata harga jual 23.700 dolar AS. Mungkin hal tersebut tidaklah terlihat mahal bagi kisaran mobil baru. Namun bagi penduduk Kuba, hal tersebut tampak besar dengan penghasilan per bulan yang hanya mencapai 20 dolar.

Disamping itu, beberapa diler juga telah melakukan mark-up besar-besaran sejak undang-undang disahkan. Misalnya, salah satu diler Peugeot meminta  262 ribu dolar AS untuk sebuah varian 508. Padahal dalam daftar resminya, varian tersebut dibandrol dengan harga  34 ribu dolar AS di Eropa.

Sementara mobil baru tersebut hanya diperbolehkan bagi mereka yang memiliki status khusus, pasar mobil bekas juga mengalami kelesuan. Padahal, tiga tahun yang lalu negara sudah mengizinkan perdagangan bebas mobil bekas antar warga. Meski demikian, dalam undang-undang tahun 2011 tersebut, hanya mobil sebelum era revolusi 1959 yang boleh diperdagangkan. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan