Mungkinkah Nissan Murano dan Cube Berakhir di 2015?

image-mobkom-
image-MobKom-Mungkinkah Nissan Murano dan Cube Berakhir 2015?
Foto : Autoevolution

Tokyo, MobilKomersial.com – Minggu lalu, Nissan mengeluarkan siaran pers terkait model baru yang akan dikeluarkan tahun 2015. Meski begitu, tidak ada laporan yang menyebutkan pembaharuan Nissan Murano dan Cube. Apakah ini tanda-tanda bila Nissan Murano dan Cube berakhir di 2015?

Dalam laporan Automotive News, dikatakan bila penjualan Nissan menunjukan tren menurun, apalagi dengan melambatnya penjualan Nissan Cube model tahun 2014. Hal ini merupakan kerugian yang cukup mengejutkan bagi Nissan.

Penjualan terakhir Cube tercatat hampir sebanyak 23 ribu unit di tahun keduanya melantai di pasar. Sementara saingan utamanya, Kia Soul, menunjukan peningkatan yang lebih tinggi di pasar sejak tahun 2010.

Untuk Nissan Murano convertible, fakta menunjukan bahwa dikelasnya Murano cukup menguasai pasar dan menjadi indikator bagaimana pembeli mulai mengincar crossover convertible. Tetapi tetap saja tidak dapat memberi dampak positif pada laju angka penjualan Nissan.

Hal ini membuat timbulnya kemungkinan bila The all new Murano Cross Cab 2015 akan menjadi model debutan terakhir Murano. Meski secara resmi Nissan belum memberi kejelasan terkait nasib Murano, seorang juru bicara Nissan mengatakan tidak ada rencana Nissan membuat convertible. Selain karena style dengan proporsi yang aneh, Murano Cross Cab juga dikatakan mahal dengan premi sebesar 13 ribu dolar AS dari versi standar crossover.

Selagi angka penjualan Nissan untuk Murano telah diangkat oleh versi cabriolet, tetapi penjualan keduanya lebih sedikit dari Nissan Cube yang secara resmi meluncurkan model baru tahun ini. Sampai Juni, Nissan berhasil menjual 2.294 unit hatchback Cube, turun 30,9 persen dibandingkan dengan tahun 2013.

Meski demikian, data penjualan Nissan tahun ini tercatat lebih tinggi, dibandingkan penjualan enam bulan tahun sebelumnya. Dan hanya sebagian kecil brand mobil yang mampu menyainginya seperti Kia Soul yang mampu menjual sesuai target penjualan 2014.

Pertumbuhan ini didukung dengan kebijakan kredit yang membuat kebijakan Nissan berbeda di pasar sehingga terjadi pertumbuhan yang lebih baik pada mid-size crossover dan mobil kompak. Untuk itu ada kemungkinan Nissan akan melewatkan salah satu variannya antara pilihan Murano Cross Cab atau Nissan Cube pada lineup tahun depan. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

 

Tinggalkan Balasan