Pasar Motor Semester I Tumbuh 7,1 Persen

image-mobkom-
image-MobKom-Semester I, Pasar Motor Tumbuh sekitar 7,1 Persen
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Pasar roda dua di Indonesia terus merangkak naik, ditunjukkan dengan tumbuhnya penjualan pasar motor semester I 2014.  Asosiasi Industri Motor Indonesia (AISI) mencatatkan angka 4,2 juta unit.

Berkaca dari data penjualan pasar motor semester I ini, hadir optimisme pada pemain roda dua. Mematok prediksi penjualan motor pada semester dua yang diperkirakan dapat melampau 7,7 juta unit, bahkan bisa mencapai 8 juta unit.

Angka ini merupakan proyeksi pengusaha dari angka 4,2 juta  yang dikalikan dua untuk prediksi penjualan total di tahun ini. Hal ini diungkapkan Ketua Umum AISI, Gunandi Shinduwinata, terkait proyeksi pertumbuhan penjualan tahun 2014.

Namun demikian, paruh  kedua memiliki kemungkinan kelesuan. Hal tersebut karena bertepatan dengan pesta keagamaan bulan Ramadhan termasuk pemilihan  presiden yang baru  saja berlangsung.

Kenaikan yang kurang lebih sama juga dirasakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Terdapat kenaikan 7,1 persen dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Meski begitu mereka menilai kenaikan ini tidak berbanding lurus dengan prediksi awal yang sanggup mencapai 10 persen.

AISI mencatat pada 2013, whole sales sepeda motor Tanah Air mencapai kisaran 3.939.825 unit. Pada 2014 jumlah tersebut meningkat hingga mencapai 4.202.206 unit sepeda motor. Sedangkan di tataran produksi, AISI menyebutkan pada 2013 industri sepeda motor di Nusantara mencapai 3.947.732 unit sepeda motor. Jumlahnya menanjak di 2014 hingga 4.216.080 unit sepeda motor. (LCO)

editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan