Toyota Belum Minat ke LCGC 7-Seater

image-mobkom-Toyota Belum Minat ke LCGC 7-Seater
image-mobkom-Toyota Belum Minat ke LCGC 7-Seater
Foto : Dedi Sofyan

Jakarta, MobilKomersial.com– Pertumbuhan ekonomi di Tanah Air sudah mencapai 5 persen, seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat di kelas ekonomi menengah baru. Hal ini berkorelasi langsung dengan pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen pasar mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC).

Tak heran jika minat beli untuk kendaraan roda empat bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya di kelas menengah sangatlah lumrah. Karena itu segmen LCGC menjadi incaran bagi mereka yang baru akan beralih kepemilikan dari motor ke mobil.

Menurut para pemain mobil baru dengan merekbesar yang sudah melengkapi lini produknya di kelas LCGC, kini perkembangan mobil murah ramah lingkungan akan bergeser dari konfigurasi lima menjadi tujuh penumpang. Brand besar yang sudah siap dengan LCGC 7-seater ini, yaitu Datsun dengan Go+ Panca dan Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang baru akan menyiapkan Karimun Wagon R 7-Seater.

Meski demikian, Toyota sebagai market leader di kelas passenger car Tanah Air, belum menanggapi tren 7-seater untuk kategori LCGC. Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum berpikir dan berencana untuk mengembangkan model LCGC dalam model baru.

Selain itu dalam berbagai survei yang dilakukan Toyota terkait perkembangan pasar otomotif Indonesia secara universal, Toyota menganggap belum perlu “turun gunung” dan ikut meramaikan pasar LCGC kapasitas tujuh penumpang tersebut. (LCO)

Editor: Dedi Sofyan

Tinggalkan Balasan